Pengembangan media pembelajaran video berbasis adobe flash professional CS3 pada materi Peninggalan Kebudayaan Kerajaan Mataram Kuno Jawa Tengah untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas X SMK Cendika Bangsa Kepanjen / Tetty Pramita Harsudi

Harsudi, Tetty Pramita (2018) Pengembangan media pembelajaran video berbasis adobe flash professional CS3 pada materi Peninggalan Kebudayaan Kerajaan Mataram Kuno Jawa Tengah untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas X SMK Cendika Bangsa Kepanjen / Tetty Pramita Harsudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Harsudi, Tetty Pramita. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Adobe Flash Professional CS3 pada Materi Peninggalan Kebudayaan Kerajaan Mataram Kuno Jawa Tengah Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas X SMK Cendika Bangsa. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Blasius Suprapta, M.Hum. Kata kunci: media pembelajaran, video, adobe flash professional CS3 Perkembangan teknologi yang semakin pesat membawa sejumlah pembaharuan dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah media pembelajaran. Penyampaian materi yang hanya mengandalkan metode ceramah terkesan monoton dan kurang diminati oleh siswa. Namun, dengan adanya media pembelajaran membuat suasana pembelajaran lebih menyenangkan dan penyampaian materi lebih mudah untuk diterima oleh siswa. Media pembelajaran berbasis Adobe Flash Professional CS3 merupakan salah satu bentuk pemanfaatan kemajuan teknologi sebagai media pembelajaran sejarah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sejarah. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran video berbasis Adobe Flash Professional CS3 untuk siswa kelas X SMK. Media pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan model yang dikemukakan oleh Dick & Carey, diantaranya (1) analisis kebutuhan dan tujuan (2) analisis instruksional (3) analisis pebelajar dan konteks (4) merumuskan tujuan performasi (5) mengembangkan instrumen (6) mengembangkan strategi instruksional (7) mengembangkan dan memilih media pembelajaran (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif (9) merevisi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli materi sebesar 82,5% yang menujukkan kriteria cukup valid untuk digunakan dalam media pembelajaran. Hasil validasi dari ahli media terhadap kelayakan media yang dihasilkan sebesar 80% dengan kriteria cukup valid, dan layak untuk digunakan dengan perbaikan (revisi). Untuk skor uji coba pemakaian media pada kelompok kecil sebesar 84,37% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan uji coba pemakaian media pada kelompok besar sebesar 84,77% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil uji coba kedua kelompok tersebut, menunjukkan bahwa media yang dihasilkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang sesungguhnya. Peneliti menyimpulkan bahwa media pembelajaran ini memberikan penguatan positif terhadap pemahaman siswa. Hal ini tampak pada penilaian pre test dan post test yang mengalami kenaikan. Hasil pre test menunjukkan nilai siswa 49,09% dengan kriteria tidak tuntas, sedangkan pada hasil post test menujukkan nilai siswa 82,5% dengan kriteria tuntas. Saran untuk peneliti agar lebih mampu mengembangkan media pembelajaran yang lebih inovatif, serta memberikan kontribusi yang besar pada pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55348

Actions (login required)

View Item View Item