Penggunaan metode Structured Dyadic Methods (SDM) untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran Sejarah kelas X G IIS di Madrasah Aliyah Tarbiyatut Tholabah Lamongan / Nur Lidyawati

Lidyawati, Nur (2018) Penggunaan metode Structured Dyadic Methods (SDM) untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran Sejarah kelas X G IIS di Madrasah Aliyah Tarbiyatut Tholabah Lamongan / Nur Lidyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lidyawati, Nur. 2018. Penggunaan Metode Structured Dyadic Methods (SDM) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Sejarah Kelas X G IIS di Madrasah Aliyah Tarbiyatut Tholabah Lamongan. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: Dr. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum. Kata Kunci : Structured Dyadic Methods (SDM), keaktifan peserta didik. Keaktifan belajar merupakan aktifitas yang dilakukan oleh peserta didik selama proses pembelajaran di kelas berlangsung baik secara fisik maupun mental.Untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik yang sangat rendah teknik atau cara mengajar yang dilaksanakan menggunakan metode Structured Dyadic Methods (SDM). Dalam metode Structured Dyadic Methods (SDM) peserta didik ditugaskan untuk memahami dan menjelaskan materi kepada pasangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Structured Dyadic Methods (SDM) untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah kelas X G IIS MA Tarbiyatut Tholabah Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model spiral Kemmis dan Taggart yang setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan dan refleksi. Dalam penelitian ini dilaksanakan dua siklus dan setiap siklus alokasi waktu 3x45 menit dengan materi tentang Peradaban Awal Indonesia dan Dunia. Data yang diperoleh berasal dari hasil observasi, catatan lapangan dan wawancara yang dilakukan selama penelitian berlangsung. Berdasarkan hasil dari penerapan metode Structured Dyadic Methods (SDM) kelas X G IIS dilihat dari hasil observasi dan catatan lapangan mengalami peningkatan. Pada pembelajaran siklus I nilai rata-rata keaktifan peserta didik yakni 62,14 % dan nilai rata-rata keaktifan peserta didik pada pembelajaran siklus II mencapai 94,01%. Dari pembelajaran tersebut menunjukkan bahwa antara siklus I dan siklus II terdapat kenaikan rata-rata keaktifan belajar peserta didik yakni 31,87%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Structured Dyadic Methods (SDM) dapat dijadikan metode alternatif dalam kegiatan pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan peserta didik kelas X G IIS MA Tabah. Untuk penelitian selanjutnya disarankan agar dapat melakukan penelitian dengan menerapkan metode Structured Dyadic Methods (SDM) untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada matapelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55344

Actions (login required)

View Item View Item