Pengembangan video dokumenter tentang kompleks masjid-makam Sendang Duwur untuk pembelajaran sejarah pada materi islamisasi di Indonesia kelas X IPS MA Al-islah Sendang Agung Kabupaten Lamongan / Ayu Hardiyanti

Hardiyanti, Ayu (2018) Pengembangan video dokumenter tentang kompleks masjid-makam Sendang Duwur untuk pembelajaran sejarah pada materi islamisasi di Indonesia kelas X IPS MA Al-islah Sendang Agung Kabupaten Lamongan / Ayu Hardiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hardiyanti, Ayu. 2018. Pengembangan Video Dokumenter tentang Kompleks Masjid-Makam Sendang Duwur untuk Pembelajaran Sejarah pada Materi Islamisasi di Indonesia Kelas X IPS MA Al-Ishlah Sendang Agung Kabupaten Lamongan. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ari Sapto, M.Hum. Kata Kunci: video dokumenter, kompleks Masjid-Makam Sendang Duwur, islamisasi, Lamongan Matapelajaran sejarah sangat penting bagi siswa untuk melahirkan kesadaran dan mengembangkan karakter. Namun, bagi sebagian besar siswa mengganggap matapelajaran sejarah sulit dipahami khususnya pada materi Islamisasi karena dominan menggunakan buku-buku teks dan LKS. MA Al-Ishlah Sendang Agung Paciran Kabupaten Lamongan memiliki fasilitas penunjang seperti LCD. MA Al-Ishlah Sendang Agung Paciran Kabupaten Lamongan juga berdekatan dengan Kompleks Masjid-Makam Sendang Duwur yang merupakan situs masa Peralihan antara masa Hindu-Buddha dan masa Islam yang membuktikan adanya Islamisasi di Desa Sendang Duwur. Berdasarkan pertimbangan tersebut, peneliti melakukan pengembangan media video karena mampu menyajikan materi islamisasi secara menarik, detail dan nyata. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk video dokumenter tentang Kompleks Masjid-Makam Sendang Duwur menggunakan software Sony Vegas Pro 13 serta untuk mengetahui efektivitas produk pada pembelajaran sejarah kelas X IPS MA Al-Ishlah Sendang Agung Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang diadopsi dari Sugiyono dengan 10 langkah pelaksanaan, yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi uji coba produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk; (10) produk akhir. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi ahli materi, ahli media, angket respon siswa, dan tes (pre-test dan post-test). Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu video dokumenter tentang Kompleks Masjid-Makam Sendang Duwur yang berdurasi 13 menit 35 detik. Video ini divalidasi oleh ahli materi yang menunjukkan persentase sebesar 90%, oleh ahli media sebesar 80% disertai saran dan komentar untuk direvisi. Uji coba kelompok kecil menunjukkan persentase sebesar 89% dan untuk uji coba kelompok besar menunjukkan persentase sebesar 90%. Uji pre-test dan post-test menunjukkan selisih 61,9, dengan rincian sebelum menggunakan produk yaitu sebesar 28,6 dan setelah menggunakan produk yaitu sebesar 90,5. Kesimpulan dari hasil persentase di atas yaitu media video dokumenter tentang Kompleks Masjid-Makam Sendang Duwur yang dikembangkan valid dan efektif, sehingga dapat diimplementasikan dalam pembelajaran sejarah untuk mempermudah siswa dalam proses pembelajaran. Perlu dilakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut pada media dan materi islamisasi di Sendang Duwur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55343

Actions (login required)

View Item View Item