Pengembangan bahan ajar Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) interaktif berbasis autoplay media studio pada materi kehidupan zaman prasejarah di Indonesia untuk siswa kelas X IPS SMAN 1 Singosari / Novi Tri Andari

Andari, Novi Tri (2018) Pengembangan bahan ajar Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) interaktif berbasis autoplay media studio pada materi kehidupan zaman prasejarah di Indonesia untuk siswa kelas X IPS SMAN 1 Singosari / Novi Tri Andari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Andari, Novi Tri. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Interaktif Berbasis Autoplay Media Studio pada Materi Kehidupan Zaman Prasejarah di Indonesia untuk Siswa Kelas X IPS SMAN 1 Singosari. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Dewa Agung Gede Agung, M. Hum. Kata Kunci: bahan ajar, UKBM interaktif, autoplay media studio Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan program baru yang menjadi bagian dari Kurikulum 2013 (K13) bernama Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). Penyusunan UKBM dilakukan bersama-sama oleh guru MGMP di kota/kabupaten, yang mana konten di dalamnya terdiri atas materi dan evaluasi soal. Adapun untuk penerapan UKBM sudah dilakukan di banyak sekolah, salah satunya di SMAN 1 Singosari. Konsep pengemasan UKBM di sekolah ini diwujudkan dalam bentuk bahan ajar cetak yang kemudian digandakan sendiri oleh siswa. Dalam konsep berbasis cetak tersebut kemudian menimbulkan masalah, yaitu memberikan peluang bagi siswa untuk mencontek dan seringnya UKBM tertinggal sehingga menghambat proses belajar siswa. Oleh karena itu, muncul gagasan untuk mengembangkan bahan ajar UKBM yang sifatnya interaktif dengan memanfaatkan software Autoplay Media Studio. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dua hal, yaitu: (1) menghasilkan bahan ajar Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) interaktif berbasis Autoplay Media Studio yang menarik serta memudahkan siswa kelas X IPS SMAN 1 Singosari dalam memahami pelajaran sejarah pada materi kehidupan zaman prasejarah di Indonesia; (2) mengetahui efektifitas dan kelayakan bahan ajar Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) interaktif berbasis Autoplay Media Studio pada materi kehidupan zaman prasejarah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau disebut Research and Development (R & D). Adapun untuk acuan yang digunakan adalah model penelitian Borg dan Gall yang kemudian mengalami penyesuaian dengan kemampuan peneliti. Adanya penyesuaian kemudian menjadikan model penelitian memuat 10 langkah penelitian yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk; dan (10) produksi akhir. Hasil penelitian dan pengembangan berupa bahan ajar Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) interaktif berbasis Autoplay Media Studio. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan kepada dosen ahli materi dan ahli media, diperoleh hasil valid. Begitu pula pada saat uji coba kelompok kecil dan besar diperoleh persentase yang menunjukkan bahwa bahan ajar efektif dan layak digunakan. Selain itu, efektivitas dan kelayakan juga dilihat dari hasil pretest dan posttest yang menunjukkan adanya peningkatan nilai siswa. Dengan perolehan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar UKBM interaktif berbasis Autoplay Media Studio valid dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55341

Actions (login required)

View Item View Item