Persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran sejarah berdasarkan kurikulum 2013 di kelas X SMKN 3 Malang / Yuliarti Kurnia Pramai Selli - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran sejarah berdasarkan kurikulum 2013 di kelas X SMKN 3 Malang / Yuliarti Kurnia Pramai Selli

Selli, Yuliarti Kurnia Pramai (2018) Persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran sejarah berdasarkan kurikulum 2013 di kelas X SMKN 3 Malang / Yuliarti Kurnia Pramai Selli. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Selli Yuliarti K.P. 2018. Persepsi Siswa terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Sejarah berdasarkan Kurikulum 2013 di Kelas X SMKN 3 Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Kasimanuddin Ismain M.Pd. Kata Kunci persepsi media pembelajaran penggunaan media pembelajaran sejarah Penggunaan media pembelajaran sejarah oleh guru di kelas X SMKN 3 Malang masih belum optimal. Hal tersebut didasarkan pada faktor-faktor penghambat dari guru maupun siswa dimana guru masih belum menguasai cara penggunaan media dan siswa yang masih kurang kondusif dalam menerima pembelajaran sejarah di kelas. Sehingga dari hasil wawancara dengan guru dan siswa peneliti menemukan permasalahan di atas yang perlu dikaji oleh peneliti untuk dilakukan penelitian dimana penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui persepsi dan pemahaman siswa tentang penggunaan media pembelajaran sejarah di kelas X SMKN 3 Malang. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran sejarah di kelas X SMKN 3 Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran sejarah di kelas X SMKN 3 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian yang berupa paparan kebahasan yang dideskripsikan secara secara detail dan runtut tentang persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran sejarah di kelas X SMKN 3 Malang. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan tahap verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh enam simpulan hasil penelitian sebagai berikut (1) Siswa kelas X SMKN 3 Malang atau informan sudah cukup memahami pengertian dari media itu sendiri (2) Guru sejarah SMKN 3 Malang sudah menggunakan media yang variatif dalam artian lebih dari satu media dan jumlah penggunaan setiap media minimal satu kali (3) Interaksi siswa di kelas ada yang aktif dan pasif saat guru menggunakan media pembelajaran sejarah di kelas (4) Dengan adanya penggunaan media pembelajaran sejarah di kelas membantu guru dan siswa dalam pembelajaran sejarah (5) Penggunaan media didasarkan pada guru sejarah masing-masing di kelas dalam artian setiap guru mempunyai cara dalam menggunakan media pembelajaran sejarah di kelas (6) Setiap siswa mempunyai penilaian dan pemahaman masing-masing terhadap suatu media yang digunakan oleh guru di kelas dan (7) Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran sejarah di kelas X SMKN 3 Malang antara lain penguasaan kelas oleh guru pemahaman terhadap materi sejarah dan teknis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55338

Actions (login required)

View Item View Item