Pengembangan multimedia pembelajaran sejarah aplikasi appmakr materi perang puputan bayu untuk kelas XI IIS 1 SMAN 1 Rogojampi / Yovi Rijal Khosiin

Khosiin, Yovi Rijal (2018) Pengembangan multimedia pembelajaran sejarah aplikasi appmakr materi perang puputan bayu untuk kelas XI IIS 1 SMAN 1 Rogojampi / Yovi Rijal Khosiin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Khosiin Yovi. Rijal. 2018. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sejarah Aplikasi Appmakr Materi Perang Puputan Bayu Untuk Kelas XI IIS 1 SMAN 1 Rogojampi. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Mashuri M.Hum. Kata Kunci pengembangan multimedia pembelajaran aplikasi Appmakr sejarah lokal perang Bayu. Media pembelajaran pada saat ini sangatlah beragam diantaranya media berbasis android pada smartphone dengan tampilan yang menarik siswa untuk belajar. Teknologi informasi juga dapat menunjang pembelajaran sejarah di kelas. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran sejarah berbasis android aplikasi Appmakr untuk menarik siswa untuk giat belajar terutama pada matapelajaran sejarah. Penelitian dan pengembangan ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada smartphone materi sejarah lokal Banyuwangi perang Puputan Bayu tahun 1771 untuk kelas XI IIS 1 SMAN 1 Rogojampi. Materi perang Puputan Bayu dipilih karena merupakan peristiwa sejarah lokal yang patut dikaji untuk materi pembelajaran sejarah lokal di kelas. Selain itu supaya siswa mengetahui peristiwa sejarah lokal di daerahnya. Penggunaan multimedia berbasis aplikasi Appmakr dalam media pembelajaran karena menampilkan tampilan untuk penyampaian materi yang menarik dan dilengkapi dengan penyampaian materi secara visual yang interaktif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang telah diadaptasi oleh Sugiyono dan di modivikasi oleh peneliti dengan melakukan sembilan tahap penelitian. Tahap yang dilakukan sebagai berikut (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) uji coba pemakaian (6) revisi produk (7) uji coba produk (8) revisi desain (9) revisi Produk. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Uji coba dilakukan pada validasi materi validasi media dan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Hasil uji coba multimedia pembelajaran aplikasi Appmakr materi sejarah lokal perang Puputan Bayu mendapat hasil validasi materi sebesar 72 5% kriteria valid dan hasil validasi media sebesar 70 5% kriteria valid. Pada uji coba kelompok kecil mendapat hasil sebesar 75 2% kriteria valid dan uji coba kelompok besar mendapat hasil sebesar 82 4% kriteria sangat valid. Produk yang telah direvisi menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran aplikasi Appmakr materi sejarah lokal perang Puputan Bayu layak digunakan untuk kelas XI SMAN 1 Rogojampi. Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya untuk pengembangan diharapkan mengembangkan media hingga berbentuk aplikasi (apk) sehingga lebih memudahkan untuk penggunaan pada smartphone sesuai dengan perkembangan teknologi yang lebih canggih lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55337

Actions (login required)

View Item View Item