Pengembangan media pembelajaran videoscribe untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran sejarah kelas X IIS 3 SMA Negeri 1 Sumberpucung Kabupaten Malang / Ridho Aulia Aminulloh

Aminulloh, Ridho Aulia (2018) Pengembangan media pembelajaran videoscribe untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran sejarah kelas X IIS 3 SMA Negeri 1 Sumberpucung Kabupaten Malang / Ridho Aulia Aminulloh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Aminulloh, Ridho Aulia. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IIS 3 Di SMA Negeri 1 Sumberpucung Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing. Drs. Marsudi, M.Hum. Kata kunci: video pembelajaran, videoscribe, hasil belajar siswa. Dalam proses belajar mengajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik maka seorang pendidik harus melakukan inovasi dan improvisasi dalam pembelajaran. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran serta kondisi sekolah. Penggunaan media untuk pembelajaran merupakan faktor yang ikut tercapainya tujuan pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan videoscribe adalah salah satu dari sekian banyak media pembelajaran yang ada. Videoscribe adalah software atau aplikasi pembuat video keluaran sparkol. Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat membantu proses belajar mengajar dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah pengembangan media videoscribe untuk meningkatkan hasil belajar pada kelas X IIS 3 SMA Negeri 1 Sumberpucung Kabupaten Malang, Observasi awal dikelas X IIS 3 SMA Negeri 1 Sumberpucung menunjukkan bahwa nilai hasil belajar dikatakan rendah. Penelitian ini adalah merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 3 SMA Negeri 1 Sumberpucung Kabupaten Malang. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan antara lain obeservasi lapangan, wawancara, dan angket. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan menggunakan uji kelompok kecil dan uji lapangan atau kelompok besar. Kegiatan analisis data dilakukan untuk membuat kesimpulan penelitian. Berdasarkan pada nilai ulangan harian setelah penggunaan media diperoleh data bahwa terdapat 4 siswa yang belum mencapai Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetukan oleh sekolah. Presentase siswa yang mencapai KKM yaitu 88, 2%. Sehingga dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan yakni dari 32, 3% menjadi 88, 2 %. Sedangkan presentase siswa yang belum tuntas belajarnya ialah 11,7 %. Terdapat perubahan yang pada awalnya ialah 67,6 % menjadi 11,7 %. Sehingga terdapat peningkatan yang pada awalnya terdapat 23 siswa yang tidak tuntas belajar sekarang menjadi 4 siswa yang belum tuntas belajar. Berdasarkan pada acuan keberhasilan belajar siswa kelas X IIS 3 tingkat keberhasilan siswanya baik sekali atau optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55336

Actions (login required)

View Item View Item