Pengembangan Media Pembelajaran Murah (multimedia interaktif sejarah) pada Materi Revolusi Industri di Inggris untuk Peserta Didik Kelas XI di SMA Laboratorium UM / Mochamad Wildan Ardiansyah

Ardiansyah, Mochamad Wildan (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Murah (multimedia interaktif sejarah) pada Materi Revolusi Industri di Inggris untuk Peserta Didik Kelas XI di SMA Laboratorium UM / Mochamad Wildan Ardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardiansyah, Mochamad Wildan. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Murah (multimedia interaktif sejarah) pada Materi Revolusi Industri di Inggris untuk Peserta Didik Kelas XI di SMA Laboratorium UM. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mashuri, M.Hum. Kata Kunci: media pembelajaran, Murah, revolusi Industri. Matapelajaran sejarah begitu penting untuk diajarkan kepada seluruh peserta didik mulai tingkat dasar hingga tingkat atas. Namun pentingnya Matapelajaran sejarah sejarah ini kurang didukung dengan baiknya pembelajaran di sekolah karena terdapat permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran, terutama dalam materi revolusi industri Inggris. Di SMA Laboratorium UM, permasalahan yang didapati dari wawancara dan observasi berupa kurangnya media pembelajaran yang digunakan serta kurangnya pemahaman pada materi revolusi industri Inggris dikarenakan kurangnya sumber belajar di dalam media cetak, sehingga minat pembelajaran sejarah peserta didik menjadi berkurang. Adapun tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran Murah (Multimedia Interaktif Sejarah) pada materi Revolusi Industri Inggris untuk perserta didik kelas XI SMA. Selain itu juga mengetahui ekfektifitas produk pengembangan media pembelajaran Murah (Multimedia Interaktif Sejarah) pada materi Revolusi Industri Inggris untuk perserta didik kelas XI SMA. Pengembangan media pembelajaran mengikuti tahapan penelitian yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono (2010) yaitu meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi akhir. Sebelum di uji cobakan ke lapangan, produk terlebih dahulu divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil Produk Pengembangan sendiri dinamai Murah. Murah merupakan singkatan dari multimedia interaktif sejarah. Murah sendiri merupakan aplikasi smartphone android. Media Murah ini berisi materi revolusi Industri Inggris yang telah di sesuaikan dengan materi siswa kelas XI. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh skor 37 dengan persentase 92.5%. Hasil validasi dari ahli media juga memperoleh skor 37 dengan persentase 92.5%. Hasil uji coba produk di lapangan pada uji coba kelompok kecil memperoleh skor 335 dengan persentase 83.75%, kemudian pada uji coba kelompok besar memperoleh skor 1008 dengan persentase 84%. Hasil pre-test memperoleh rata-rata 30.6 dan hasil post-test memperoleh rata-rata 82. Berkaitan dengan hasil belajar tersebut, maka media pembelajaran Murah dapat dikatakan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55335

Actions (login required)

View Item View Item