Pengembangan media pembelajaran explosion history box materi masuknya bangsa Eropa ke Indonesia kelas X SMK Negeri 7 Malang / Putri Dwi Febriana

Febriana, Putri Dwi (2018) Pengembangan media pembelajaran explosion history box materi masuknya bangsa Eropa ke Indonesia kelas X SMK Negeri 7 Malang / Putri Dwi Febriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Febriana, Putri Dwi. 2018.Pengembangan Media Pembelajaran Explosion History Box pada Materi Masuknya Bangsa Eropa ke Indonesia Kelas X SMK Negeri 7 Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Program Studi S1 Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum. Kata Kunci: pengembangan, explosion history box, motivasi. Matapelajaran sejarah dianggap kurang penting bagi siswa SMK, hal ini dikarenakan siswa hanya terfokus pada pelajaran inti sesuai dengan jurusannya. Selain itu penyampaian materi sejarah yang dilakukan dengan cara seadanya membuat siswa tidak mempunyai antusias dalam belajar sejarah. pembelajaran sejarah harus menggunakan alat bantu dalam menyampaikan materi sejarah seperti menggunakan media pembelajaran yang menarik dan inovatif. Salah satu media pembelajaran yang menarik dan inovatif adalah explosion history box. Media pembelajaran ini berbentuk box yang dapat terbelah menjadi empat bagian dan setiap bagian terdapat materi masuknya bangsa Eropa ke Indonesia. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran explosion history box dengan materi masuknya bangsa Eropa ke Indonesia serta untuk melihat keefektivan media apabila digunakan dalam pembelajaran sejarah. Pada penelitian dan pengembangan ini produk yang dihasilkan diterapkan pada kelas X MM 2 SMK Negeri 7 Malang. Pemilihan kelas X MM 2 karena kelas tersebut memiliki antusias belajar yang kurang pada matapelajaran sejarah dibandingkan dengan kelas X lainnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono (2015) diantaranya: (1) Potensi dan masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validasi Desain; (5) Revisi Desain; (6)Ujicoba Produk; (7) Revisi Produk; (8) Ujicoba Pemakaian; (9) Revisi Produk; (10) Produksi Produk. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi dan ahli media, serta angket respon siswa terhadap media dan motivasi belajar siswa. Hasil validasi oleh ahli media mendapat presentase sebesar 77% dan validasi materi sebesar 95%. Kemudian pada uji coba kelompok kecil mendapatkan 87% dan uji coba kelompok besar 88%. Berdasarkan hasil presentase yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa produk yang explosion history box sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Penulis menyarankan bagi penelitian selanjutnya adalah agar dapat melakukan perbaikan produk seperti penambahan barcode untuk menambahkan isi materi agar lebih lengkap dan jelas serta pengemasan media yang dihasilkan agar lebih menarik dan efisien digunakan dalam proses pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55334

Actions (login required)

View Item View Item