Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E pada mata pelajaran sejarah Indonesia terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI APK SMK PGRI 2 Malang / Dhita Nirwana Laraswati

Laraswati, Dhita Nirwana (2018) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E pada mata pelajaran sejarah Indonesia terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI APK SMK PGRI 2 Malang / Dhita Nirwana Laraswati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Laraswati Dhita Nirwana. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5-E pada Matapelajaran Sejarah Indonesia terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI APK SMK PGRI 2 Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Kasimanuddin Ismain M.Pd. Kata Kunci learning cycle 5-E kemampuan berpikir kritis. Pembahasan materi sejarah yang luas dan kompleks diperlukan penyampaian materi yang tidak hanya menekankan pada penguasaan konsep saja tetapi diperlukan aktivitas siswa dalam berpikir untuk mengolah dan menganalisis informasi tersebut sehingga dibutuhkan pembelajaran yang berbasis konstruktivistik yaitu model pembelajaran Learning Cycle 5-E dimana setiap fasenya memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengoptimalkan kemampuan berpikirnya. Berkaitan dengan itu maka diperlukan penelitian berkaitan dengan pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5-E terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada matapelajaran sejarah. Terdapat dua rumusan masalah dalam penelitian ini. Pertama bagaimana keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 5-E pada matapelajaran Sejarah Indonesia kelas XI APK di SMK PGRI 2 Malang. Kedua bagaimana pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5-E pada matapelajaran Sejarah Indonesia terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI APK di SMK PGRI 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-experimental design khusus pada design one group pretest-posttest design dimana penelitian ini menekankan pada pengumpulan data dengan pemberian soal kemampuan berpikir kritis pada saat pretest (sebelum perlakuan) dan posttest (setelah perlakuan). Populasi penelitian adalah kelas XI APK SMK PGRI 2 Malang. Pengambilan sampel dilakukan dengan non probability sampling dengan teknik purposive sampling berdasarkan pertimbangan guru dan diperoleh kelas XI APK 2 sebagai kelas sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi penilaian kemampuan berpikir kritis dan nilai kognitif dari soal kemampuan berpikir kritis. Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan Paired Sampel Test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dua kesimpulan berikut ini. Pertama hasil observasi keterlaksanaan model pembelajaran didapatkan bahwa seluruh aspek yang diamati oleh observer sudah dilaksanakan sesuai dengan RPP materi dan setiap fase dalam Learning Cycle 5-E. Kedua model pembelajaran Learning Cycle 5-E berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dapat dilihat dari perolehan nilai lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa dan nilai kognitif dari pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan data penilaian lembar observasi kemampuan berpikir kritis memiliki nilai rata-rata sebesar 16 26 dengan persentase rata-rata sebesar 67 77% dimana termasuk dalam klasifikasi baik dengan nilai huruf B. Kemudian nilai kognitif pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh nilai pretest dengan hasil rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 53 20 dengan persentase sebesar 53 20% yang termasuk dalam klasifikasi cukup dengan nilai ii huruf C. Kemudian nilai posttest diperoleh hasil rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 74 53 dengan persentase sebesar 74 53% yang termasuk dalam klasifikasi baik dengan nilai huruf B. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5-E terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dimana nilai rata-rata posttest lebih tinggi dari nilai rata-rata pretest. Kemudian hasil analisis data menggunakan uji t-test menunjukkan bahwa nilai ttabel adalah 1 699 dan thitung sebesar 20 197 menunjukkan bahwa 20 197(thitung) 8805 1 699(ttabel) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan (positif) model pembelajaran Learning Cycle 5-E terhadap kemampuan berpikir kritis pada matapelajaran Sejarah Indonesia siswa kelas XI APK di SMK PGRI 2 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55333

Actions (login required)

View Item View Item