Pengembangan buku suplemen sejarah lokal Kapten Kyai Ilyas pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia di kelas XI SMAN 3 Lumajang / Nur Cholidah

Cholidah, Nur (2018) Pengembangan buku suplemen sejarah lokal Kapten Kyai Ilyas pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia di kelas XI SMAN 3 Lumajang / Nur Cholidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Cholidah, Nur. 2018.Pengembangan Buku Suplemen Sejarah Lokal Kapten Kyai Ilyas pada Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia di Kelas XI SMA Negeri 3 Lumajang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Joko Sayono, M.Pd., M.Hum. Kata Kunci: buku suplemen, sejarah lokal, kapten kyai ilyas Sejarah lokal belum banyak dikaji dalam pembelajaran sejarah di sekolah. Kebanyakan materi yang disampaikan sesuai dengan ruang lingkup yang ada dalam buku pelajaran, sehingga hal ini membuat pengetahuan peserta didik terbatas pada buku pelajaran sekolah. Berdasarkan informasi dari guru sejarah SMAN 3 Lumajang tokoh Kapten Kyai Ilyas belum banyak dikenal. Peserta didik hanya mengetahui keberadaan tokoh lokal Kapten Kyai Ilyas berdasarkan salah satu nama jalan yang memakai nama JL Kapten Kyai Ilyas. Sumber belajar sejarah lokal Kapten Kyai Ilyas belum tersedia dan koleksi perpustakaan SMAN 3 Lumajang didominasi buku-buku teks pelajaran umum. Solusi agar dapat memudahkan peserta didik mengetahui perjuangan Kapten Kyai Ilyas diperlukan alat bantu dengan mengembangkan Buku Suplemen Menelusuri Jejak Perjuangan Kapten Kyai Ilyas. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah produk Buku Suplemen Penelusuri Jejak Perjuangan Kapten Kyai Ilyas serta menguji kelayakan produk yang dihasilkan. Buku suplemen ini merupakan sarana untuk memudahkan peserta didik mempelajari materi-materi yang lebih spesifik atau khusus yang tidak terdapat dalam buku teks pelajaran sekolah. Sehingga buku ini dapat mensluplemeni buku siswa kelas XI materi perjuangan mempertahakan kemerdekaan Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi dari metode penelitian dan pengembangan ADDIE. Metode ini memiliki lima tahap, dimana setiap tahap terdapat evaluasi. Adapun tahapan-tahapannya sebagai berikut: (1) analisis (analyze); (2) perancangan (design); (3) pengembangan (devolopment); (4) implementasi (implementation); (5) evaluasi (evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi ahli materi dan media, dan angket respon siswa. Produk tersebut telah melalui uji coba dengan hasil validasi dari ahli materi menunjukkan persentase sebesar 85% masuk dalam kategori sangat layak. Hasil validasi dari ahli media menunjukkan persentase 95% masuk dalam kategori sangat layak. Hasil uji coba yang dilakukan kepada kelompok kecil menunjukkan persentase sebesar 85% masuk dalam kategori sangat layak. Hasil ujicoba lapangan atau kelompok besar menunjukkan persentase 88% masuk dalam kategori sangat layak. Kesimpulan dari hasil persentase di atas yaitu Buku Suplemen Menelusuri Jejak Perjuangan Kapten Kyai Ilyas telah teruji kelayakannya dengan kategori sangat layak, dengan demikian tujuan dari penelitian dan pengembangan ini telah tercapai. Perlu dilakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut dengan membuat desain yang lebih inovatif memadukan dengan teknologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55332

Actions (login required)

View Item View Item