Pengaruh media pembelajaran karikatur berbasis sparkol videoscibe terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IIS 2 di SMAN 1 Tumpang Kabupaten Malang / Susi Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media pembelajaran karikatur berbasis sparkol videoscibe terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IIS 2 di SMAN 1 Tumpang Kabupaten Malang / Susi Susanti

Susanti, Susi (2018) Pengaruh media pembelajaran karikatur berbasis sparkol videoscibe terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IIS 2 di SMAN 1 Tumpang Kabupaten Malang / Susi Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Susanti Susi. 2018. Pengaruh Media Pembelajaran Karikatur Berbasis Sparkol VideoScribe Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IIS 2 di SMAN 1 Tumpang Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Sejarah Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Najib Jauhari S.Pd M.Hum. Kata kunci media pembelajaran karikatur hasil belajar pembelajaran sejarah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang berada dibawah KKM yakni 69 21 pada materi kolonialisme dan imperialisme. Hasil belajar merupakan pencapaian siswa atas proses belajar maka peneliti bermaksud menggunakan media pembelajaran karikatur berbasis Sparkol VideoScribe sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Sarana dan prasarana sekolah mendukung penggunaan media berbasis audio visual dan media ini berdasarkan hasil wawancara belum pernah digunakan. Jadi dapat diuji pengaruhnya terhadap hasil belajar sejarah siswa. Terdapat dua rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut 1) bagaimana penerapan media pembelajaran karikatur berbasis Sparkol VideoScribe pada matapelajaran sejarah di kelas XI IIS 2 SMAN 1 Tumpang Kabupaten Malang dan 2) bagaimana pengaruh media pembelajaran karikatur berbasis Sparkol VideoScribe terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IIS 2 di SMAN 1 Tumpang Kabupaten Malang. Model penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest. Perlakuan dilaksanakan pada satu kelas eksperimen dengan pemberian perlakuan yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS SMAN 1 Tumpang Kabupaten Malang. Dari populasi yang ada dipilih satu kelas eksperimen yaitu kelas XI IIS 2 yang didasarkan pada nilai rata-rata hasil belajar sejarah siswa yang rendah. Data pada penelitian ini diperoleh dari tes hasil belajar siswa melalui pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t (paired sample t-test) dengan bantuan software SPSS 16.0. Berdasarkan hasil tes siswa di kelas eksperimen dengan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran karikatur berbasis Sparkol VideoScribe terdapat pengaruh yang signifikan (positif). Rata-rata pretest menunjukkan nilai sebesar 63 17 yang kemudian meningkat sebesar 26 9 menjadi 90 07 pada rata-rata nilai post-test. Hal tersebut dibuktikan denga uji hipotesis nilai tes memiliki thitung sebesar 14 926 dengan ttabel 1 684 sehingga 14 926(thitung) 8805 1 684 (ttabel) dengan signifikansi 0 00 0 05. Maka hasil uji hipotesis dalam penelitian ini disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Adapun saran untuk penelitian ini adalah berikut ini (1) bagi guru matapelajaran sejarah media karikatur berbasis Sparkol VideoScribe ini dapat dijadikan alternatif media untuk meningkatkan mutu kualitas pembelajaran di kelas (2) bagi sekolah dapat mengadakan kegiatan pelatihan mengembangkan media karikatur ataupun sejenisnya sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian serupa dengan konten materi dan variabel penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55329

Actions (login required)

View Item View Item