PerkembanganTarekat At-Tijaniyah dan di Probolinggo tahun 1950-2014 muatan edukasinya / Muhammad Nuruddin Roni - Repositori Universitas Negeri Malang

PerkembanganTarekat At-Tijaniyah dan di Probolinggo tahun 1950-2014 muatan edukasinya / Muhammad Nuruddin Roni

Roni, Muhammad Nuruddin (2018) PerkembanganTarekat At-Tijaniyah dan di Probolinggo tahun 1950-2014 muatan edukasinya / Muhammad Nuruddin Roni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Roni Muhammad Nuruddin. 2018. Perkembangan Tarekat at-Tijaniyah di Probolinggo Tahun 1950 2014 dan Muatan Edukasinya. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ari Sapto M.Hum. Kata Kunci Perkembangan Tarekat at-Tijaniyah Pendidikan Karakter Probolinggo Tarekat at-Tijaniyah merupakan salah satu tarekat muktabarah di Indonesia. Probolinggo merupakan salah satu pusat penyebaran Tarekat at-Tijaniyah di Jawa Timur selain Surabaya dan Madura. Tarekat ini mampu bertahan ditengah perubahan zaman dan berkembang pesat. Setelah mulai berkembang muncul penentangan dari berbagai kalangan masyarakat yang meragukan keistimewaan dan keabsahan Tarekat at-Tijaniyah. Polemik ini membuat pengikut tarekat meragukan tarekat yang dianutnya namun polemik ini berhasil diselesaikan oleh muqoddam hingga akhirnya diakui sebagai tarekat muktabarah di Indonesia. Penelitian mengenai Tarekat at-Tijaniyah yang menggunakan ilmu sejarah jarang dijumpai. Berkaitan dengan hal itu maka perlu dilakukan studi mengenai perkembangan Tarekat at-Tijaniyah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup proses masuknya Tarekat at-Tijaniyah ke Probolinggo perkembangan Tarekat at-Tijaniyah di Probolinggo mulai tahun 1950 2014 dan muatan edukasi yang terdapat pada Tarekat at-Tijaniyah. Penelitian ini mengguanakan metode sejarah yang meliputi tahap heuristik kritik interpretasi dan historiografi. Hasil penelitian menyimpulkan (1) Tarekat at-Tijaniyah dibawa ke Probolinggo oleh Kiai Khozin Syamsul Mu in. Kiai Khozin Syamsul Mu in tidak langsung menyebarkan tarekat ini sesampainya di Probolinggo. Metode penyebarannya sangat selektif sehingga hanya orang-orang pilihan saja yang menjadi penganut Tarekat at-Tijaniyah. (2) perkembangan Tarekat at-Tijaniyah di Probolinggo berkembang pesat setelah wafatnya Kiai Khozin. Kiai Mukhlas Ahmad Ghazi Kiai Badri Masduqi dan Habib Ja far memiliki kontribusi yang sangat besar dalam penyeberan tarekat ini. Tarekat at-Tijaniyah memiliki nilai-nilai karakter diantaranya religius disiplin toleransi peduli sosial peduli lingkungan komunikatif kreatif cinta damai dan tanggungjawab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55324

Actions (login required)

View Item View Item