Pengembangan media pembelajaran booklet berbasis flip book maker pada metari Proklamator dan Peran Para Tokoh Sekitar Proklamasi kelas XI ADM 1 di SMK PGRI Turen Kabupaten Malang / Yusuf Maulana Mahfudin

Mahfudin, Yusuf Maulana (2018) Pengembangan media pembelajaran booklet berbasis flip book maker pada metari Proklamator dan Peran Para Tokoh Sekitar Proklamasi kelas XI ADM 1 di SMK PGRI Turen Kabupaten Malang / Yusuf Maulana Mahfudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maulana Yusuf Mahfudin. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Berbasis Flip Book Maker Pada Materi Proklamator dan Peran Para Tokoh Sekitar Proklamasi Kelas XI Adm 1 di SMK PGRI Turen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Dewa Agung Gede Agung M.Hum. Kata kunci Media Pembelajaran Booklet Tokoh Proklamasi Pembelajaran sejarah diartikan sebagai upaya yang sistematis dan disengaja oleh pendidik untuk menciptakan kondisi-kondisi agar peserta didik melakukan kegiatan belajar ilmu sejarah. Guru mempunyai peran penting untuk mengatur lingkungan agar membantu siswa mencapai perubahan pada tingkah laku yang diinginkan. Dengan perkembangan teknologi seharusnya ada media pembelajaran yang inovatif dalam proses pembelajaran namun hal ini tidak ditemui pada sekolah SMK PGRI Turen sebab guru hanya menyampaikan dengan metode ceramah dan diskusi. Fakta yang ditemui di kelas XI ADM 1 bahwa media pembelajaran kurang atraktif dan kurang memotivasi peserta didik. Berdasarkan untuk menyikapi kondisi tersebut perlu adannya media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan untuk meperbaiki permasalahan yang telah ditemukan yaitu pembelajaran berbasis teknologi. Salah satunya media pembelajaran Booklet berbasis Flip Book Maker. Melalui penggabungan media cetak yang telah digitalkan dengan flip book maker serta dimodifikasi menjadi bentuk format apk agar bisa dibuka melalui smartphone android dari peserta didik. Hal ini diharapkan bahwa peserta didik akan lebih tertarik untuk memahami peristiwa yang telah diajarkan dalam pembelajaran sejarah salahtunya pada materi proklamator dan peran para tokoh sekitar proklamasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengambil dari metode penelitian dan pengembangan dari Sugiyono. Metode ini memiliki 10 tahapan. Namun dari peneliti memodifikasi sepuluh langkah yang telah dijabarkan oleh Sugiyono tersebut. Adapun tahapan-tahapannya sebagai berikut (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain Produk dan Materi (4) Validasi Desain dan Materi (5) Revisi Desain dan Materi (6) Uji Coba Produk (7) Revisi Produk (8) Uji Coba Pemakaian Produk (9) Revisi Produk (10) Produksi Akhir. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi ahli materi dan media serta angket respon peserta didik. Produk ini telah melalui uji validasi ahli materi dan yang mendapatkan presentase sebesar 88 63% dan 90% dari ahli media. Hasil uji coba kelompok kecil medapatkan hasil presentase sebesar 95 71% dan 79 79 % dari hasil uji coba kelompok besar. Kesimpulan dari hasil presentase yang telah dipaparkan bahwa pengembanagan media pembelajaran booklet berbasis flip book maker valid dan efektif serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55316

Actions (login required)

View Item View Item