Pratiwi, Farahma Intan (2018) Pengaruh tingkat inteligensi dan minat belajar terhadap prestasi belajar Sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu tahun ajaran 2017/2018 / Farahma Intan Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
viii RINGKASAN Pratiwi Farahma Intan. 2018. Pengaruh Tingkat Inteligensi dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Mashuri M.Hum. Kata Kunci inteligensi minat prestasi belajar sejarah Siswa yang memiliki tingkat inteligensi tinggi diharapkan mampu mencapai prestasi belajar yang tinggi. Inteligensi sering dianggap sebagai faktor terpenting dalam meraih prestasi belajar sehingga apabila terjadi kasus underaciever yaitu siswa memperoleh prestasi belajar di bawah inteligensi yang dimiliki akan menimbulkan reaksi berlebihan berupa kehilangan kepercayaan pada sekolah yang menggagalkan anak tersebut atau bahkan hilangnya kepercayaan pada pihak yang telah memberikan diagnosa tingkat inteligensinya. Hal yang paling berbahaya adalah anggapan bahwa tingkat inteligensi yang rendah merupakan vonis akhir bahwa siswa yang bersangkutan tidak mungkin dapat mencapai prestasi yang baik. Opini ini akan menggiring siswa untuk merasa rendah diri bahkan dapat menghancurkan minat belajarnya yang justru merupakan awal dari segala kegagalan yang tidak seharusnya terjadi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) apakah ada pengaruh positif yang signifikan secara parsial variabel tingkat inteligensi terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu Tahun Ajaran 2017/2018 2) apakah ada pengaruh positif yang signifikan secara parsial variabel minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu Tahun Ajaran 2017/2018 3) apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara tingkat inteligensi dan minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu Tahun Ajaran 2017/2018 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan alat bantu yang SPSS 24.0. Penelitian ini termasuk penelitian survei dengan dua jenis survei yaitu survei catatan dan survei angket. Survei catatan dilakukan untuk mengumpulkan data inteligensi dan prestasi belajar sejarah siswa. Survei angket untuk pengumpulan data minat belajar sejarah siswa. Sebelum data penelitian dianalisis oleh peneliti maka perlu dilakukan uji validitas reliabilitas dan uji prasyarat. Uji validasi angket dengan menggunakan rumus Product Moment dari Pearson dan uji reliabilitas dengan rumus Cronbach Alpha. Sedangkan uji prasyarat meliputi uji normalitas uji reliabilitas uji multikolonieritas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menjabarkan variabel namun untuk melihat tingkat signifikansi maka digunakan analisis regresi linier berganda. Dalam rangka melihat besarnya pengaruh variabel melalui sumbangan relatif dan sumbangan efektif dari korelasi parsial. Populasi dan sampel dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 69 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen dokumen tingkat inteligensi dokumen nilai tes ulangan harian sejarah dokumen nilai akhir semester berupa leger dan angket terkait minat belajar sejarah. Sedangkan pada uji hipotesis menggunakan nilai uji t nilai uji F dan taraf siginifikansi secara parsial dan simultan. ix Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat inteligensi secara parsial berpengaruh terhadap prestasi belajar sejarah dengan t hitung mencapai 2 253 yaitu lebih besar dari t tabel yang menunjukkan nilai 1 67. Besarnya pengaruh variabel tingkat intelegensi membawa sumbangan efektif terhadap prestasi belajar sejarah sebesar 2 17% dan dengan sumbangan relatif 0 16%. Hal ini juga berlaku sama pada variabel minat belajar yang berpengaruh terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu dengan t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 2 253 dengan taraf signifikansi 0 028. Besarnya pengaruh variabel minat belajar sebagai variabel X2 membawa sumbangan efektif terhadap prestasi belajar sejarah sebesar 3 02% lebih besar dari variabel tingkat inteligensi. Sumbangan relatif yang dihasilkan oleh variabel minat belajar adalah sebanyak 0 28%. Variabel tingkat inteligensi dan minat belajar secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar sejarah siswa dengan menunjukkan F hitung lebih besar dari F tabel. Besar nilai F hitung menunjukkan angka 5 065. Prestasi belajar sejarah tidak hanya dipengaruhi oleh faktor tingkat inteligensi dan minat belajar melainkan terdapat beberapa faktor lain di luar penelitian. Berdasarkan hasil analisis maka dapat diketahui bahwa secara simultan tingkat inteligensi dan minat belajar berpengaruh sebesar 13 3% terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu tahun ajaran 2017/2018. Sedangkan sisanya yakni terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian ini bagi pihak sekolah untuk tidak melihat inteligensi sebagai vonis akhir dalam penentuan prestasi belajar sejarah sebab hal ini akan menurunkan minat belajar sejarah bagi siswa yang inteligensinya dibawah teman lainnya yang justru menjadi awal kegagalan dalam meraih prestasi belajarnya. Bagi guru penelitian dapat dijadikan sebagai masukan untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap matapelajaran sejarah. Minat dapat ditingkatkan melalui sarana prasarana pembelajaran variasi pada metode pembelajaran serta media pembelajaran. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengembangkan penelitian yang lebih komplek sehingga dapat mengoptimalkan prestasi belajar sejarah kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55312 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |