Pengembangan media kartu uno sejarah dalam pembelajaran proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia siswa kelas XI IPS MAN Mojosari Mojokerto / Fatkhur Roji - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media kartu uno sejarah dalam pembelajaran proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia siswa kelas XI IPS MAN Mojosari Mojokerto / Fatkhur Roji

Roji, Fatkhur (2018) Pengembangan media kartu uno sejarah dalam pembelajaran proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia siswa kelas XI IPS MAN Mojosari Mojokerto / Fatkhur Roji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Roji Fatkhur. 2018. Pengembangan Media Kartu Uno Sejarah dalam Pembelajaran Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia Siswa Kelas XI IPS MAN Mojosari Mojokerto. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati. M.Hum Kata Kunci media kartu uno proklamasi kemerdekaan. Matapelajaran sejarah identik dengan rangkaian angka tahun dan urutan peristiwa yang harus diingat lalu diungkapkan saat menjawab soal-soal ujian. Jika tidak dipelajari secara runtut maka pelajaran sejarah dapat menjadi pelajaran yang membosankan dan sulit dipahami. Berdasarkan hasil laporan akademik tahun ajaran 2017/2018 kelas XI IPS-3 MAN Mojosari Mojokerto merupakan salah satu kelas yang nilainya rata-rata masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu dibawah 75. Beberapa hal yang menyebabkan masalah tersebut antara lain pertama peserta didik kurang tertarik dalam pembelajaran khususnya sejarah dan peserta didik ramai sendiri ketika guru sedang menjelaskan materi. Kedua dalam penyampaian materi guru juga sering menggunakan metode ceramah. Salah satu alternatif dalam mengatasi masalah ini adalah penggunaan media kartu uno sejarah dalam pembelajaran sejarah peserta didik akan dilibatkan aktif dan lebih menyenangkan. Adapun tujuan penelitian dan pengembangan diuraikan sebagai berikut (1) menghasilkan media kartu uno sejarah dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS MAN Mojosari Mojokerto dan (2) mengetahui efektivitas penggunaan media kartu uno sejarah dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS-3 MAN Mojosari Mojokerto. Prosedur yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini terdapat sepuluh tahapan merupakan modifikasi dari model pengembangan Sugiyono. Adapun tahapan pengembangan yang dilakukan yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi desain (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk dan (10) produksi massal. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket untuk ahli media ahli materi uji coba kelompok kecil dengan 10 responden uji coba kelompok besar dengan 37 responden di kelas XI IPS-3 MAN Mojosari Mojokerto. Produk kartu uno sejarah tersebut dinyatakan sangat layak dan sangat efektif. Hal ini berdasarkan pada hasil validasi ahli materi dan ahli media diperoleh rata-rata persentase sebesar 87 05% dan 90 00%. Sedangkan hasil uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar diperoleh rata-rata persentase sebesar 85 75% dan 83 78%. Berdasarkan hasil validasi serta uji coba pemakaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa produk kartu uno sejarah sangat layak dan sangat efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran sejarah. Selain itu pengembangan media kartu uno sejarah ini dapat digunakan sebagai tolak ukur bagi pengembangan media lainnya untuk menciptakan media pembelajaran sejenis tetapi beda materinya dengan tampilan yang lebih bagus dan menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55311

Actions (login required)

View Item View Item