Pengaruh penggunaan media history games berbasis macromedia flash terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XII IPS 1 SMAN 1 Wates Kabupaten Kediri / Setia Ningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media history games berbasis macromedia flash terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XII IPS 1 SMAN 1 Wates Kabupaten Kediri / Setia Ningrum

Ningrum, Setia (2018) Pengaruh penggunaan media history games berbasis macromedia flash terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XII IPS 1 SMAN 1 Wates Kabupaten Kediri / Setia Ningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Ningrum Setia.2018.Pengaruh Penggunaan Media History Games Berbasis Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran Sejarah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII IPS 1 SMAN 1 Wates Kabupaten Kediri. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs.Kasimanuddin Ismain M.Pd. Kata Kunci history games macromedia flash hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media History Games berbasis Macromedia Flash terhadap hasil belajar peserta didik kelas XII IPS SMAN 1 Wates Kabupaten Kediri pada mata pelajaran Sejarah. Pembelajaran di kelas untuk mata pelajaran sejarah tidak terlalu efektif dan menyenangkan karena penggunaan media yang kurang interaktif dengan peserta didik. Hal ini akan mempengaruhi kognitif peserta didik yang terlihat pada hasil belajarnya. Hasil belajar peserta didik di kelas XII IPS 1 cukup rendah yaitu 68 dengan 3 anak yang mendapatkan nilai di atas KKM. Berdasarkan hal tersebut maka solusi yang diberikan berupa penggunaan media yang bersifat interaktif yaitu History Games yang dibuat menggunakan aplikasi Macromedia Flash. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Pre-Eksperimental designs khusus pada model One-Grup Pretest-Posttest design. Model ini menekankan pada pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan instrumen berupa soal yang dikerjakan oleh peserta didik pada awal pembelajaran sebelum menggunakan media history games (pretest) dan setelah penggunaan media history games (posttest). Populasi terdiri dari 4 kelas XII IPS di SMAN 1 Wates sedangkan pengambilan sampel dilakukan menggunakan cara nonprobability sampling(sampling purposiv) berdasarkan pertimbangan guru dan diperoleh kelas XII IPS 1 sebagai sampel. Kelas XII IPS 1 terdiri dari 34 peserta didik. Analisis data yang digunakan berupa uji hipotesis menggunakan bantuan SPSS 16.0 for Windows dengan Paired Sample Test. Berdasarkan hasil analisis didapatkan hasil penelitian sebagai berikut nilaipretest dan posttestmelalui uji hipotesis mendapatkan hasil bahwa H1 diterima dengan bukti 119905 8462 119894 119905 119906 119899 119892 yang lebih besar daripada 119905 119905 119886 119887 119890 119897 atau dalam bentuk 21 630 ( 119905 8462 119894 119905 119906 119899 119892 ) 8805 1 697( 119905 119905 119886 119887 119890 119897 ) dengan nilai signifikansi 0 0043 88. sehingga dapat disimpulkan bahwa media History Games berbasis Macromedia Flash memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik. Adapun saran yang diberikan kepada guru maupun peneliti selanjutnya adalah memuat History Games dengan materi yang lebih luas lagi dan dengan aplikasi yang lebih baik dari Macromedia Flash.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55309

Actions (login required)

View Item View Item