Pengaruh penggunaan pemandu Buku Teks Pelajaran (BTP) dalam UKBM terhadap hasil belajar Sejarah kelas XI IPS 2 SMA Negeri 7 Malang / Arini Rhosidatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan pemandu Buku Teks Pelajaran (BTP) dalam UKBM terhadap hasil belajar Sejarah kelas XI IPS 2 SMA Negeri 7 Malang / Arini Rhosidatin

Rhosidatin, Arini (2018) Pengaruh penggunaan pemandu Buku Teks Pelajaran (BTP) dalam UKBM terhadap hasil belajar Sejarah kelas XI IPS 2 SMA Negeri 7 Malang / Arini Rhosidatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Rhosidatin Arini. 2018. Pengaruh Penggunaan Pemandu Buku Teks Pelajaran (BTP) dalam UKBM Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 7 Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Dewa Agung Gede Agung M.Hum. Kata Kunci Kurikulum 2013 pemandu BTP dalam UKBM hasil belajar Kurikulum 2013 merupakan kurikulum pengganti Kurikulum 2006 atau KTSP. Tujuan dari diselenggarakanya Kurikulum2013 yaitu menghasilkan insan Indonesia yang produktif kreatif inovatif afektif melalui sikap keterampilan dan pengetahuan yang terintegrasi. Implementasi Kurikulum 2013 Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah memprogramkan kegiatan pelatihan dan pendampingan bagi guru sekolah yang akan melaksanakan Kurikulum 2013. Mendukung implementasi tersebut Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah memprogramkan melalui pengembangan naskah pendukung untuk implementasi Kurikulum 2013. Naskah pendukung tersebut adalah Unit Kegiatan Belajar Mandiri atau UKBM. UKBM adalah perangkat untuk memandu penyususunan unit-unit pembelajaran yang utuh UKBM juga merupakan satuan pelajaran yang kecil disusun secara berurutan dari yang mudah sampai yang sukar. Penggunaan UKBM yang diwajibkan oleh pemerintah telah dipakai di kelas X SMA Negeri 7 Malang. Penggunaan UKBM tersebut di SMA Negeri 7 Malang digunakan dalam salah satu bentuk yaitu pemandu Buku Teks Pelajaran atau BTP. UKBM tersebut hanya difokuskan pada kelas X yang telah menerapkan sistem SKS. Kelas XI SMA Negeri 7 Malang yang menerapkan sistem SKS lama belum menggunakan pemandu BTP dalam UKBM hal tersebut membuat peneliti merancang bagaimana pengaruh pembelajaran tersebut jika diterapkan di kelas XI SMA Negeri 7 Malang. Penelitian dengan menggunakan pemandu BTP dalam UKBM tersebut dikaitkan dengan prestasi siswa atau hasil belajar siswa. Peneliti mengambil populasi kelas XI IPS SMA Negeri 7 Malang dan mengambil sampel kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen kemudian kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Alasan pemilihan kedua kelas tersebut dikarenakan memiliki homogenitas yang sama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif atau eksperimen dengan model pre-eksperimental dan desain control group pre- test post-test yang dilakukan sebanyak 2 kali. Penelitian dilakukan dengan mengambil data awal nilai siswa atau pre-test dan data akhir post-test. Analisis data yang dilakukan peneliti menggunakan statistik inferensial dan statistik deskriptif dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh penggunaan pemandu BTP dalam UKBM terhadap hasil belajar siswa (2) efektifitas pembelajaran sejarah dapat dicapai dengan menggunakan pemandu BTP dalam UKBM. Efektifitas dibuktikan dengan hasil pre-test kelas kontrol 46 07 dan post-test 78 78 sedangkan kelas eksperimen memperoleh hasil pre test 45 35 dan post-tets 85 71. Masing-masing dari kedua kelas tersebut mengalami perbedaan ii peningkatan. Kelas kontrol mengalami peningkatan hasil 32 71 sedangkan kelas eksperimen memperoleh peningkatan hasil 40 36. Analisis data diperoleh thitung sebesar 22 612 sehingga thitung ttabel yaitu 2.048 yang diartikan bahwa ditolak dan Ha diterima. Hasil lain yang menyatakan efektifitas pembelajaran tersebut dilihat dari nilai yang diperoleh dari kelas eksperimen telah mencapai nilai KKM yaitu 75.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55306

Actions (login required)

View Item View Item