Pengembangan Media Pembelajaran Video Sejarah berbasis Adobe Flash CS3 Profesional pada Materi Relief Cerita Arjunawiwāha di Candi Jago untuk Kelas XI Peminatan SMAN 1 Tumpang / Hidayatus Solikhah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Media Pembelajaran Video Sejarah berbasis Adobe Flash CS3 Profesional pada Materi Relief Cerita Arjunawiwāha di Candi Jago untuk Kelas XI Peminatan SMAN 1 Tumpang / Hidayatus Solikhah

Solikhah, Hidayatus (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Video Sejarah berbasis Adobe Flash CS3 Profesional pada Materi Relief Cerita Arjunawiwāha di Candi Jago untuk Kelas XI Peminatan SMAN 1 Tumpang / Hidayatus Solikhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Solikhah H. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Video Sejarah berbasis Adobe Flash CS3 Profesional pada Materi Relief Cerita Arjunawiw 257 ha di Candi Jago untuk Kelas XI Peminatan SMAN 1 Tumpang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Ismail Lutfi M.A Kata Kunci media pembelajaran video sejarah relief cerita Arjunawiw 257 ha Pelajaran sejarah yang terkesan hafalan mengharuskan seorang guru untukkreatif dalam mengajarkan sejarah. Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh guru adalah menggunakan media dalam proses belajar mengajar terutama media yang didasarkan atas kebutuhan gaya belajar siswa serta efisien untuk pembelajaran sejarah. Akan tetapi berdasarkan temuan peneliti di SMAN 1 Tumpang khususnya di kelas XI IPS 5 guru jarang menggunakan media pembelajaran. Hal tersebut membuat siswa mengantuk dan tidak jarang mereka bermain handphone ketika guru menjelaskan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media pembelajaran video sejarah dengan materi relief cerita Arjunawiw 257 ha di Candi Jago. Video sejarah dipilih berdasarkan gaya belajar siswa di kelas X1 IP5 yang tergolong dalam audiovisual. Selain itu media tersebut efisien untuk pembelajaran sejarah karena peserta didik tidak hanya melihat tetapi juga mendengarkan.Adapun pemilihan materi relief cerita Arjunawiw 257 ha di Candi Jago dilatarbelakangi oleh ketidaktahuan siswa terhadap relief cerita tersebut.. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitianini adalah metode penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono. Adapun tahapan dari metode tersebut adalahpotensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk revisi produk uji coba pemakaian revisi produk serta produksi akhir. Instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti untuk memperoleh data yaitu menggunakan angket observasi serta wawancara. Produk yang dihasilkan dalam penelitian berupa video sejarah dengan materi Arjunawiw 257 ha di Candi Jago berdurasi 18 menit 32 detik yang mencakup KI dan KD video materi serta profil peneliti. Melalui penelitian yang telah dilakukan di kelas XI IPS 5 SMAN 1 Tumpang diperoleh persentasekelayakandari validator materisebesar 97 5% dari validator media sebesar 87 5% ujicobakelompokkecilsebesar90% serta uji coba kelompok besar sebesar 91 25%. Beberapa saran yang berguna untuk perbaikan media ini adalah menjelaskan secara umum mengenai Candi Jago menunjukkan letak mulai dan berakhirnya relief cerita Arjunawiw 257 ha tulisan harus sesuai dengan naskah asli menambahkan daftar referensi dan memperbaiki suara yang ada pada video pembelajaran. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil uji coba yaitu media pembelajaranvideo sejarah dengan materi relief cerita Arjunawiw 257 hasangat valid danbisadiimplementasikansebagai media pembelajaran. Media pembelajaran video sejarah dengan materi relief cerita Arjunawiw 257 hamerupakan produk yang sederhana. Olehkarenaitudiharapkanadapenelitiandanpengembanganproduklebihlanjut yang lebih baik kualitas dengan cakupan materi yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55304

Actions (login required)

View Item View Item