Tyasari, Andrea Yurista (2015) Kajian deskriptif penyelenggaraan kurikulum muatan lokal bahasa Using di SDN 1 Kertosari Banyuwangi / Andrea Yurista Tyasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Tyasari Andrea Yurista. 2015. Kajian Deskriptif Penyelenggaraan Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Using Di SDN 1 Kertosari Banyuwangi. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikkan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Anselmus JE Toenlioe M.Pd (II) Yerry Soepriyanto S.T M.T. Kata Kunci Evaluasi Kurikulum Evaluasi Pembelajaran Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Using Sesuai dengan Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi menyatakan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) selain memuat beberapa mata pelajaran juga terdapat mata pelajaran Muatan Lokal (Mulok) yang wajib diberikan pada semua tingkat satuan pendidikan. Sekolah Dasar (SD) sebagai lembaga pendidikan jenjang pertama sangat tepat dijadikan sarana untuk menanamkan nilai-nilai moral dan kearifan lokal. Bahasa Using yang digunakan di Banyuwangi sebelumnya adalah alat komunikasi bagi kaum minoritas di daerah pedalaman kemudian berkembang menjadi bahasa multietnis bagi masyarakat yang tinggal di Banyuwangi. Setelah menjadi bentuk sastra dan bahasa tulis Bahasa Using saat ini digunakan lebih dari 200 sekolah dasar di Kabupaten Banyuwangi sebagai pelajaran mata muatan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menggambarkan perencanaan komponen kurikulum untuk memberikan masukan pada program yang sudah ada dan mendeskripsikan kondisi pelaksanaan kurikulum di lapangan (di sekolah). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan yang dilakukan artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka melainkan data tersebut berasal dari naskah wawancara catatan lapangan dokumen pribadi catatan memo dan dokumen resmi lainnya. Hasil penelitian menunjukkan dalam perkembangannya 10 tahun terakhir memang dirasakan perkembangan muatan lokal Bahasa Using kini semakin menurun terlebih sejak diberlakukannya kurikulum 2013. Implementasi muatan lokal pada pendidikan dasar dapat dikatakan masih relatif baru sehingga berbagai persoalan dalam implementasi kurikulum muatan lokal sampai saat ini berkaitan dengan semua aspek perencanaan pelaksanaan dan evaluasinya. Untuk itu sangat perlu diadakannya pengkajian ulang pelaksanaan kurikulum muatan lokal Bahasa Using. Saat ini kurikulum muatan lokal Bahasa Using memerlukan evaluasi secara menyeluruh.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/553 |
Actions (login required)
View Item |