Pengembangan media pembelajaran gambar ilustrasi sejarah pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk peserta didik kelas XI di SMKN 11 Malang / Fascal Wilanda Pamungkas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran gambar ilustrasi sejarah pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk peserta didik kelas XI di SMKN 11 Malang / Fascal Wilanda Pamungkas

Pamungkas, Fascal Wilanda (2018) Pengembangan media pembelajaran gambar ilustrasi sejarah pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk peserta didik kelas XI di SMKN 11 Malang / Fascal Wilanda Pamungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Pamungkas Fascal Wilanda. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Ilustrasi Sejarah pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Untuk Peserta Didik Kelas XI Di SMKN 11 Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Kasimanuddin Ismain. M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran gambar ilustrasi sejarah peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Sejarah merupakan matapelajaran yang tidak kalah penting dibandingkan dengan matapelajaran lainnya yang diajarkan di sekolah karena dengan mempelajari sejarah akan memperkaya wawasan dan pengetahuan mengenai kehidupan manusia dari masa ke masa. Pada saat ini matapelajaran sejarah yang diajarkan di sekolah mendapat kesan negatif dari peserta didik. Matapelajaran sejarah terkesan membosankan dan tidak penting untuk dipelajari. Untuk menghapus kesan negatif matapelajaan sejarah guru harus mampu memancing daya tarik peserta didik dengan cara penyampaian materi yang kreatif dan tidak membosankan. Salah satu hal untuk memudahkan peserta didik memahami sejarah yaitu menumbuhkan imajinasi peserta didik dalam menggambarkan peristiwa yang pernah terjadi pada masa lalu. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran gambar ilustrasi sejarah dengan materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Dengan mengembangkan media pembelajaran ini diharapkan mampu memberikan manfaat dalam dunia pendidikan. Peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono (2010) yaitu meliputi potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk revisi produk uji coba pemakaian dan revisi produk. Sebelum di uji cobakan ke lapangan produk terlebih dahulu divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Sasaran uji coba lapangan dalam penelitian ini adalah peserta didik SMKN 11 Malang kelas XI. Produk yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran gambar ilustrasi sejarah dengan materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Gambar ilustrasi sejarah merupakan media pembelajaran yang berisikan kumpulan gambar ilustrasi tentang peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang dilengkapi dengan angka tahun dan penjelasan singkat untuk mempermudah peserta didik memahami peristiwa tersebut. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh persentase 91% dengan kategori valid. Hasil validasi dari ahli media juga memperoleh persentase 98% dengan kategoti valid. Hasil uji coba produk di lapangan pada uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 95.5% dengan kategori valid kemudian pada uji coba kelompok besar memperoleh persentase 95.5% dengan kategori valid. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran gambar ilustrasi sejarah dengan materi peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia masuk dalam ketegori valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55297

Actions (login required)

View Item View Item