Pengembangan media e-book android materi masa pendudukan Jepang 1942-1945 di Indonesia kelas XI siswa SMA Negeri 8 Malang / Risma Amilia Ningtyas Islami

Islami, Risma Amilia Ningtyas (2018) Pengembangan media e-book android materi masa pendudukan Jepang 1942-1945 di Indonesia kelas XI siswa SMA Negeri 8 Malang / Risma Amilia Ningtyas Islami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Islami, Risma, A. 2017. Pengembangan Media E-book Android Materi Masa Pendudukan Jepang 1942-1945 di Indonesia Kelas XI Siswa SMA. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Kasimanuddin Ismain, M.Pd. Kata Kunci: Media, E-book, Android, Materi masa pendudukan Jepang 1942-1945 Media e-book android inovasi baru dalam dunia pendidikan dan mampu mengikuti trend zaman, media e-book android ini mempunayai kelebihan yaitu media ini sangat praktis karena tersimpan dalam smartphone pengguna. Media e-book android mengikuti perkembangan zaman yaitu dengan maraknya smartphone yang digunakan dan selalu dibutuhkan untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Media e-book android ini meanawarkan pembelajaran dengan materi masa pendudukan Jepang 1942-1945. Tujuan penelitian ini menghasilkan produk e-book android untuk membantu siswa jenjang sekolah menengah atas (SMA) dalam mempelajari mata pelajaran sejarah materi masa pendudukan Jepang di Indonesia 1942-1945 dengan mudah dan menyenangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan model Sugiyono untuk mengahsilkan produk pembelajaran meliputi 1) potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk, 10) produk akhir. analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari penyebaran kuisioner. Berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi diperoleh hasil persentase dari ahli media sebesar 87,5% dan 87,5% dari ahli materi. Dari uji coba produk di kelas XI IPS 1 SMAN 8 Malang, kelompok kecil didapatkan persentase 90,00% , sedangkan uji coba produk kelompok besar 87,38% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan aplikasi e-book android ini layak digunakan sebagi media pembelajaran di dalam kelas. Pengembangan produk e-book android dapat diunggah di playstore sehingga memudahkan pengguna untuk mengunduh aplikasi e-book android materi masa pendudukan Jepang 1942-1945 di Indonesia. Melalui smartphone pengguna dan dapat disebarluasakan menggunakan aplikasi shareit yang tersedia di aplikasi play store disemua smartphone yang digunakan pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55296

Actions (login required)

View Item View Item