Penerapan model pembelajaran tipe take and give untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IIS 3 MA Nurul Ulum Kota Malang / Aini Aminatul Faizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran tipe take and give untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IIS 3 MA Nurul Ulum Kota Malang / Aini Aminatul Faizah

Faizah, Aini Aminatul (2018) Penerapan model pembelajaran tipe take and give untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IIS 3 MA Nurul Ulum Kota Malang / Aini Aminatul Faizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Faizah Aini Aminatul. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Tipe Take And Give Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas XI IIS 3 MA Nurul Ulum Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Joko Sayono M. Pd. M. Hum. Kata Kunci pembelajaran sejarah take and give hasil belajar Model pembelajaran merupakan salah satu alternatif yang bisa dimanfaatkan guru dalam mengajar di sekolah.Selain itu model pembelajaran yang bervariasi dapat menjadikan siswa bersemangat dalam menerima pelajaran. Dari sekian banyak model pembelajaran yang bisa digunakan guru dalam mengajar salah satunya yaitu Model Pembelajaran Tipe Take And Give. MA Nuru Ulum merupakan sebuah lembaga pendidikan yang berdiri dibawah naungan Pondok Pesantren. Selain belajar pelajaran sekolah siswa juga belajar pelajaran pondok sehingga siswa harus bisa membagi waktu untuk belajar keduanya. Berdasarkan hasil Ujian Tengah Semester 1 siswa kelas XI IIS 3 MA Nurul Ulum Malang kelas ini memperoleh hasil nilai yang rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya variasi model pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Guru cenderung menggunakan metode ceramah dan jarang melibatkan siswanya untuk aktif di kelas sehingga siswa merasa bosan dan kurang bersemangat dan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran tipe Take And Give di kelas XI IIS 3 dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar siswanya. Sehubungan dengan meningkatnya hasil belajar model pembelajaran tipe Take And Give mempunyai poin penting yaitu memori siswa. Siswa dilatih untuk menghafal dan mempelajari materi yang diberikan dengan begitu secara langsung dapat mengasah siswa untuk memahami sekaligus menghafal materi. Jenis penelitian yang dipakai peneliti disini adalah Penelitian Tidakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan tahap pelaksanaan tahap observasi dan tahap refleksi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Model Penelitian Tindakan Kelas desain Model Kemmis Mc Taggart. Pengumpulan data dalam penelitian ini berdasarkan lembar observasi wawancara dokumentasi dan tes. Sedangkan data yang dibutuhkan adalah proses pembelajaran dengan model pembelajaran tipe Take And Give. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IIS 3 dengan jumlah 23 siswa. Berdasarkan hasil penelitian di kelas XI IIS 3 diperoleh data sebagai berikut pada observasi awal diperoleh nilai rata-rata Ujian Tengah Semester kelas XI IIS 3yaitu 57 56. Pada hasil tes siklus I diperoleh nilai rata-rata yaitu 74 47. Dikarenakan belum mencapai ketuntasan nilai diatas 75 maka dilakukanlah siklus II dan diperoleh nilai rata-rata dari hasil tes siklus II yaitu 83 26 hal tersebut mengalami peningkatan dan dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran tipe Take And Give dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran sejarah di kelas XI IIS 3 MA Nurul Ulum Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55294

Actions (login required)

View Item View Item