Ruhaiyah, Hedda Wahyu (2018) Pengembangan video stopmotion materi Sumpah Pemuda sebagai media pembelajaran sejarah kelas XI IPS 2 SMAN 6 Madiun / Hedda Wahyu Ruhaiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ruhaiyah Hedda Wahyu. 2017. Pengembangan Video Stopmotion Materi Sumpah Pemuda Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 SMAN 6 Madiun. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Joko Sayono. M.Pd. M.Hum. Kata Kunci media pembelajaran sejarah video stopmotion sumpah pemuda. Pemanfaatan media pembelajaran sangatlah penting didalam pembelajaran sejarah. Pemanfaatan media pembelajaran tersebut sangatlah baik apabila disajikan dengan lebih inovatif dan kreatif dengan memanfaatkan teknologi-teknologi terkini sebagai media sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik bagi siswa. Hal tersebut akan meminimalisir metode ceramah seperti yang ada di SMAN 6 Madiun kelas XI IPS 2. Tampak saat pelajaran guru hanya memanfaatkan media papan tulis sehingga kurang menarik perhatian siswa. Berdasarkan keterangan dari beberapa siswa mereka membutuhan media yang lebih interaktif seperti halnya media berupa video. Melihat permasalahan dari kelas XI IPS 2 SMAN 6 Madiun tersebut penelitian ini mengembangkan sebuah media pembelajaran sejarah berupa video stopmotion. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan video stopmotion materi Sumpah Pemuda sebagai media pembelajaran sejarah kelas XI IPS 2 SMAN 6 Madiun. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan model prosedural. Langkah-langkah dalam penelitian dan pengembangan ini meliputi (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi produk (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian dan ( 9) revisi produk. Berdasarkan model penelitian dan pengembangan tersebut diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Pertama hasil validasi dari ahli media yang menyatakan 94 2% sedangkan hasil dari validasi oleh ahli materi mencapai 85%. Hasil dari kedua validasi tersebut menyatakan bahwa video stopmotion sejarah ini telah valid atau sesuai sebagai media pembelajaran sejarah pada materi sumpah pemuda untuk kelas XI SMA. Kedua uji coba kelompok kecil yang dilakukan di kelas XI IPS 2 SMAN 6 Madiun secara random kepada 10 orang siswa mendapatkan hasil 86%. Uji coba kelompok besar dilakukan di kelas yang sama dengan responden yang lebih besar yaitu 24 siswa menghasilkan nilai 86 7%. Hasil uji coba lapangan tersebut juga menyatakan bahwa video stopmotion sejarah ini telah masuk dalam kategori valid. Akan tetapi tidak dapat dihindari adanya kekurangan didalam produk ini seperti keterbatasan materi dan lain-lain. Diharapkan ada penelitian lebih lanjut untuk melengkapi kekurangan yang telah dikembangkan oleh peneliti terdahulu. ABSTRACT Ruhaiyah Hedda Wahyu. 2017. The Development of Sumpah Pemuda Stopmotion Video as a History Learning Media at XI IPS 2 Class SMAN 6 Madiun. Thesis History Education Program Faculty of Social Sciences State University of Malang. Advisor Dr. Joko Sayono. M.Pd. M. Hum. Keywords history learning media stopmotion video sumpah pemuda. The use of instructional media is very important in the learning of history. The use of learning media is very effective if it is innovatively and creatively presented by utilizing the latest technologies as a medium so that the learning becomes more interesting for students. It will minimalize the use of lecture method just like what is used in XI IPS 2 class of SMAN 6 Madiun. It is obvious when the lecture is on going it only use the blackboard so that it is less interesting for students. Based on the statements of some students they need more interactive media such as video. Encountering the problem in XI IPS 2 class of SMAN 6 Madiun this research developed a stopmotion video as a historical learning media. The purpose of this research and development is to produce Sumpah Pemuda stopmotion video as a history learning media at XI IPS 2 class SMAN 6 Madiun. This research uses the research and procedural model development plan. The steps on this research and development includes (1) potentials and problems (2) data collection (3) product designs (4) design validations (5) product revisions (6) product trials (7) product revisions (8) trial usage and (9) product revisions. Based on the research and development model the following research results are obtained. First the validation results from media experts who stated 94.2% while the results of validation by subject experts reached 85%. The results of both validations state that this historical stopmotion video has been validated or appropriate as a historical learning media on sumpah pemuda subject for XI grade high school. Second a small group trial in XI IPS 2 class of SMAN 6 Madiun which was randomly conducted to 10 students get 86% result. Large group trials were conducted in the same classroom with larger respondents ie 23 students earning 86.7%. These test results also state that this historical stopmotion video has been included in a valid category. However it is inevitable that there are deficiencies in this product such as material limitations and others. Further researches are expected to complement the deficiencies that have been developed by previous researchers.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Feb 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55293 |
Actions (login required)
View Item |