Pengaruh media pembelajaran impress.js terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sejarah kelas XI IIS 3 tahun ajaran 2017/2018 SMA Negeri 1 Tumpang / Indah Dwi Lestari

Lestari, Indah Dwi (2018) Pengaruh media pembelajaran impress.js terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sejarah kelas XI IIS 3 tahun ajaran 2017/2018 SMA Negeri 1 Tumpang / Indah Dwi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Indah Dwi. 2017. Pengaruh Media Pembelajaran Impress.Js Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IIS 3 Tahun Ajaran 2017/2018 SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi Jurusan Sejarah Program Studi S1 Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Joko Sayono M.Pd. M.Hum Kata kunci media impress.js hasil belajar pembelajaran sejarah. Penggunaan media pada proses pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dikarenakan dengan adanya media siswa dapat lebih memusatkan perhatian pada proses pembelajaran dan meningkatkan antusias dalam belajar yang kemudian berdampak pada hasil belajar siswa. Berdasarkan pada observasi awal dikelas XI IIS 3 SMAN 1 Tumpang penggunaan media pada pembelajaran sejarah di kelas kurang diterapkan dan hasil belajar siswa dilihat dari hasil ulangan tengah semester (UTS) juga rendah. Media Impress.Js dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena media tersebut adalah media visual yang lebih menarik dibandingkan dengan menggunakan media buku teks karena buku teks lebih banyak berisi uraian materi berupa tulisan. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian dengan tujuan melihat pengaruh dari media Impress.Js terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS 3 SMAN 1 Tumpang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan ialah One-Group Pretest-Postest Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI IIS 3 SMAN 1 Tumpang. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis statistik yang digunakan adalah uji-t dengan menggunakan bantuan uji Paired Sample Test pada SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil tes siswa di kelas eksperimen antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan media Impress.Js terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Rata-rata pre-test menunjukkan angka sebesar 45 61 dan kemudian mengalami peningkatan sebesar 40 menjadi 85 61 pada post-test. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji hipotesis nilai tes memiliki thitung sejumlah 31 526 dengan ttabel 1 7056 sehingga 31 526 (thitung) 8805 1 7056 (ttabel) dengan nilai signifikansi 0 00 0 05. Berdasarkan uji hipotesis pada hasil tes dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dengan pernyataan terdapat pengaruh yang signifikan dari media Impress.Js terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS 3 SMAN 1 Tumpang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pada penggunaan media Impress.Js terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55292

Actions (login required)

View Item View Item