Pengembangan modul sejarah lokal peristiwa pertempuran pasukan ALRI 0032 di Banyuwangi untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Glenmore / Ika Pungki Ratna Dewi

Dewi, Ika Pungki Ratna (2018) Pengembangan modul sejarah lokal peristiwa pertempuran pasukan ALRI 0032 di Banyuwangi untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Glenmore / Ika Pungki Ratna Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Dewi Ika Pungki Ratna. 2017. Pengembangan Modul Sejarah Lokal Peristiwa Pertempuran Pasukan ALRI 0032 di Banyuwangi untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Glenmore. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Marsudi M.Hum. Kata Kunci Modul Sejarah Lokal Banyuwangi. Pendidikan merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Pencapaian tujuan pendidikan tidak terlepas dari peran guru sebagai seorang pendidik dan sekaligus sebagai fasilitator. Selain guru pengembangan bahan ajar juga harus ditingkatkan dan diperbaharui setiap saat agar siswa tidak jenuh dengan materi yang diajarkan setiap hari. Proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Glenmore umumnya mengacu pada buku teks dan berorientasi pada sejarah nasional. Selain itu sejarah lokal memang belum mendapatkan perhatian khusus di sekolah. Dampaknya siswa seringkali kurang mengetahui tentang sejarah tempat tinggal atau daerahnya sendiri. Salah satunya adalah Peristiwa Pertempuran Laut Pasukan ALRI 0032 di Banyuwangi. Pembelajaran sejarah lokal tidak boleh menyita jam pelajaran sejarah nasional karena itu materi sejarah lokal diajarkan sejajar dengan sejarah nasional sesuai dengan silabus yang berlaku. Salah satu bahan ajar yang digunakan untuk pembelajaran sejarah lokal adalah modul Peristiwa Pertempuran Pasukan ALRI 0032 di Banyuwangi. Adapun tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk modul sejarah Peristiwa Pertempuran Pasukan ALRI 0032 di Banyuwangi. Selain itu untuk meningkatkan pemahaman sejarah lokal siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Glenmore pada Peritiwa Pertempuran Pasukan ALRI 0032 di Banyuwangi. Pengembangan pembelajaran mengikuti tahapan penelitian yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono (2010) yaitu meliputi (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian dan (9) revisi produk akhir. Sebelum di uji cobakan ke lapangan produk tersebut terlebih dahulu divalidasi oleh ahli materi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil produk pengembangan penelitian ini adalah modul sejarah lokal. Modul sejarah ini berisi materi Peristiwa Pertempuran Pasukan ALRI 0032 di Banyuwangi untuk meningkatkan pemahaman sejarah lokal siswa kelas XI. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh skor 49 dengan persentase 94 2%. Hasil uji coba produk di lapangan pada uji coba kelompok kecil memperoleh skor 551 dengan persentase 91 8% kemudian pada uji coba kelompok besar memperoleh skor 1864 dengan persentase 91 3%. Hasil pre-test menunjukkan rata-rata pemahaman siswa terhadap sejarah lokal Banyuwangi adalah 53 3 dan hasil post-test menunjukkan rata-rata pemahaman siswa terhadap sejarah lokal Banyuwangi adalah 86 3. Berkaitan dengan hasil belajar tersebut maka modul sejarah ini dapat dikatakan efektif untuk meningkatkan pemahaman sejarah lokal dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55276

Actions (login required)

View Item View Item