Pengembangan media infografis untuk pembelajaran berbasis sejarah daerah menampilkan eksistensi candi Songgoriti di SMK Ardjuna 2 Malang / Moch. Tomy Handoko

Handoko, Moch. Tomy (2018) Pengembangan media infografis untuk pembelajaran berbasis sejarah daerah menampilkan eksistensi candi Songgoriti di SMK Ardjuna 2 Malang / Moch. Tomy Handoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iii ABSTRAK Handoko Moch Tomy. 2017. Pengembangan Media Infografis untuk Pembelajaran Berbasis Sejarah Lokal Menampilkan Eksistensi Candi Songgoriti di SMK Ardjuna 2 Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Aditya Nugroho Widiadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Infografis Sejarah Lokal Candi Songgoriti. Pembelajaran sejarah erat kaitannya dengan kegiatan membaca dan menghafal teks sehingga minat belajar pada siswa perlu diperhatikan. Penggunaan media pembelajaran sejarah yang tepat penting untuk menjadi bahan kajian karena berkaitan langsung dengan kemampuan guru dalam mencapai tujuan kegiatan pembelajaran. Di SMK 2 Ardjuna Malang ketersediaan LCD untuk menampilkan media terbatas sehingga perlu diadakan media pembelajaran yang inovatif dan efisien. Media pembelajaran tersebut bisa berupa media cetak yang praktis dan dapat digunakan tanpa menggunakan aliran listrik maupun koneksi internet. Candi Songgoriti yang menjadi materi dalam media pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai penambah wawasan bagi siswa mengenai situs sejarah lokal di daerah Malang. Salah satu media pembelajaran cetak yang dikembangkan adalah media infografis. Media infografis dalam pembelajaran sejarah dapat memudahkan siswa dalam mempelajari sejarah secara singkat dan jelas karena memuat kombinasi gambar dan teks yang dikemas dengan singkat dan jelas. Adapun tujuan dari pengembangan dan penelitian ini adalah menghasilkan media infografis berbasis sejarah lokal menampilkan eksistensi candi dan sumber mata air Songgoriti di SMK Ardjuna 2 Malang sebagai media pembelajaran yang praktis dan memuat informasi edukatif bagi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan media pembelajaran peta ini yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba pemakaian (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk (10) produksi akhir. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi memperoleh presentase sebesar96% sehingga materi dalam produk ini layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Sedangkan hasil validasi oleh ahli media pembelajaran diperoleh persentase 76 7% sehingga produk ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran tanpa perlu revisi. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil media pembelajaran infografis tentang Sejarah Candi Songgoriti yang dikembangkan oleh peneliti memperoleh skor rata-rata 43 43 dari rata-rata maksimal yaitu 50 sedangkan persentase yang diperoleh adalah 86 86% dan termasuk dalam kriteria sangat valid. Sedangkan hasil uji coba kelompok besar media pembelajaran infografis tentang Sejarah Candi Songgoriti yang dikembangkan oleh peneliti memperoleh skor rata-rata 178 07 dari rata-rata maksimal yaitu 200 sedangkan persentase yang diperoleh adalah 89 03% dan termasuk dalam kriteria sangat valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55273

Actions (login required)

View Item View Item