Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Lawang / Diana Violetta Kusumaningrum

Kusumaningrum, Diana Violetta (2018) Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Lawang / Diana Violetta Kusumaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kusumaningrum, Diana Violetta. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Lawang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Program Studi Pedidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Najib Jauhari, S.pd., M.Hum Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Solving, Hasil Belajar. Secara sederhana, pembelajaran sejarah dapat diartikan sebagai suatu sistem belajar mengajar sejarah. Pengajaran sejarah berkaitan dengan teori-teori kesejarahan. Berbeda dengan ilmu sejarah, pembelajaran sejarah atau mata pelajaran sejarah dalam kurikulum sekolah memang tidak secara khusus bertujuan untuk memajukan ilmu atau untuk melahirkan calon ahli sejarah, karena penekanannya dalam pembelajaran sejarah tetap terkait dnegan tujuan pendidikan pada umumnya yaitu dengan ikut membangun kepribadian dan sikap mental pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Problem Solving pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Lawang. Berdasarkan hasil pengamatan dan observasi yang telah dilakukan oleh meneliti menunjukan bahwa siswa di kelas XI IPS 3 ini memiliki hasil belajar yang cukup rendah di bandingkan dengan kelas XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 4 atau XI IPS 5. Dari data hasil belajar yang diberikan oleh guru mata mata pelajaran sejarah, menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas XI IPS 3 masih mencapai 75,5. Maka dengan diberikannya model pembelajaran Problem Solving ini diharapkan mampu meningkatkan nilai hasil belajar siswa di kelas XI IPS 3 dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa presentase nilai hasil belajar Pre-Test pada siklus I 31,4% siswa yang tuntas, sedangkan presentase nilai hasil belajar PostTest siklus I menunjukan 66,6% siswa tuntas. Selanjutnya presentase nilai hasil belajar pada Post-Test di siklus II menunjukan 91,3% siswa tuntas. Dengan melihat hasil penelitan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Soving menunjukan bahwa nilai hasil belajar siswa dapat meningkat sesuai dengan apa yang diharapkan oleh peneliti sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55272

Actions (login required)

View Item View Item