Pengembangan media pembelajaran peta digital situs sejarah kawasan Boyolangu berbasis android sebagai materi sejarah lokal Hindu-Buddha kelas X di SMAN 1 Kauman Kabupaten Tulungagung / Tunggul Alif Priantono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran peta digital situs sejarah kawasan Boyolangu berbasis android sebagai materi sejarah lokal Hindu-Buddha kelas X di SMAN 1 Kauman Kabupaten Tulungagung / Tunggul Alif Priantono

Priantono, Tunggul Alif (2018) Pengembangan media pembelajaran peta digital situs sejarah kawasan Boyolangu berbasis android sebagai materi sejarah lokal Hindu-Buddha kelas X di SMAN 1 Kauman Kabupaten Tulungagung / Tunggul Alif Priantono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Priantono Tunggul Alif. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Peta Digital Situs Sejarah Kawasan Boyolangu berbasis Android sebagai Materi Sejarah Lokal Hindu-Buddha Kelas X di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Aditya Nugroho Widiadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran peta digital kawasan Boyolangu android sejarah lokal. Pembelajaran sejarah memiliki peranan penting dalam menanamkan nilai karakter dan pengetahuan yang bersifat kognitif. Sejarah merupakan sebuah peristiwa yang tidak lepas dari aspek manusia ruang dan waktu. Konsep utama sejarah yaitu manusia ruang dan waktu. Tetapi seringkali dalam proses pembelajaran lebih memfokuskan ke aspek manusia dan waktu sementara itu konsep ruang diabaikan. Untuk mengetahui konsep ruang maka dibutuhkan peta dalam pembelajaran sejarah. Peta yang dibutuhkan adalah peta sebaran situs kawasan yang digitalkan. Potensi dalam perkembangan teknologi seperti smartphone android semakin canggih. Smartphone android dapat menunjang kegiatan dan kebutuhan. Pendataan yang dilakukan di kelas X IIS di SMA Negeri 1 Kauman dari 196 peserta didik hanya 10 peserta didik yang belum menggunakan smartphone android. Jika dipresentasekan untuk peserta didik yang memiliki smartphone android dikelas X IIS sebesar 92.3%. Permasalahan yang ditemukan yaitu kurangnya media pembelajaran bagi peserta didik. Ditambah minimnya informasi dan referensi tentang situs sejarah Kawasan Boyolangu pada masa Hindu-Buddha hasilnya peserta didik kesulitan dalam memilah-milah situs. Tujuan penelitian (1) untuk menghasilkan produk peta digital situs sejarah kawasan Boyolangu sebagai materi sejarah lokal Hindu-Buddha yang berbasis android dan diharapkan sebagai solusi sumber belajar sejarah (2) untuk mengetahui kelayakan produk peta digital situs sejarah kawasan Boyolangu sebagai materi sejarah lokal Hindu-Buddha yang berbasis android sebagai pembelajaran sejarah. Pengembangan media pembelajaran mengikuti tahapan penelitian yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono yaitu meliputi (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk dan (10) produksi akhir. Sebelum diujicobakan ke lapangan yaitu kelompok kecil dan kelompok besar produk terlebih dahulu divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang diujicobakan di Kelas X IIS 4 SMA Negeri 1 Kauman dengan jumlah 37 peserta didik. Produk media berupa peta digital situs sejarah kawasan Boyolangu yang berbasis android. Produk terdiri dari empat icon menu yaitu tampilan maps tampilan materi tampilan soal dan tampilan identitas pengembang. Produk terdiri dari 33 halaman dengan cover berwarna hijau. Hasil validasi dari ahli materiii memperoleh skor 55 dengan persentase 91 7%. Hasil validasi dari ahli media juga memperoleh skor 37 dengan persentase 92 5%. Hasil uji coba produk di lapangan pada uji coba kelompok kecil memperoleh skor 354 dengan persentase 88 5% kemudian pada uji coba kelompok besar memperoleh skor 1371 dengan persentase 92 6%. Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran termasuk dalam kriteria valid sehingga layak untuk digunakan. Berkaitan dengan hasil belajar tersebut maka media pembelajaran dapat dikatakan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah lokal kawasan Boyolangu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55271

Actions (login required)

View Item View Item