Peran guru sejarah dalam menciptakan rasa nasionalisme di SMA Negeri 1 Pandaan kelas XI IPS / Danang Setyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran guru sejarah dalam menciptakan rasa nasionalisme di SMA Negeri 1 Pandaan kelas XI IPS / Danang Setyawan

Setyawan, Danang (2018) Peran guru sejarah dalam menciptakan rasa nasionalisme di SMA Negeri 1 Pandaan kelas XI IPS / Danang Setyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyawan Danang. 2017. Peran Guru Sejarah Dalam Menciptakan Rasa Nasionalisme Di SMA Negeri 1 Pandaan Kelas XI Ips. Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Deny Yudo Wahyudi S. Pd. M. Hum Kata Kunci Nasionalisme Peran Guru Upaya Guru Peran guru sejarah bukan hanya sebagai filter saja tapi juga harus bisa menumbuhkan nilai nilai nasionalisme seperti Gotong royong Tanggug Jawab Persatuan dan kesatuan Toleransi Kerja Keras dan Sopan santun. Nasionalisme itu sendiri merupakan suatu ungkapan atau perbuatan yang mencerminkan sikap cinta tanah air di katakan bahwa nasionalisme adalah suatu bentuk ideologi yang mencerminkan rela berkorban bagi negaranya rela melakukan apa saja demi negaranya. Penelitian ini di laksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup peran guru sejarah dalam meningkatkan rasa nasionalisme upya guru sejarah dalam meningkatkan rasa nasionalisme dan hambatan dalam meningkatkan rasa nasionalisme di SMA Negeri 1 Pandaan Penelitian ini menggunakan kualitatif pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi dan documentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa instrument manusia yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan trianggulasi data. Kegiatan analisa data dimulai dari tahap penelaahan data tahap identifikasi klasifikasi data dan tahap evaluasi data peran guru sejarah dalam menciptakan rasa nasionalisme di SMA Negeri 1 Pandaan beberapa sudah terlihat seperti perannya dalam menciptakan rasa nasionalisme dalam hal Gotong royong Tanggung Jawab Persatuan dan kesatuan Toleransi Kerja Keras dan Sopan santun. dalam upaya guru dalam menciptakan rasa nasionalisme seperti dalam hal dokumen RPP sudah memasukan unsur nasionalisme dengan tujuan untuk mewujudkan rasa nasionalisme dalam diri siswa untuk media dalam pengajaran sudah mulai menggunakan media yang lebih membuat siswa tidak bosan seperti film-film bertema nasionalisme ataupun gambar-gambar sejarah bertema nasionalisme. Dalam segi penghambat terciptanya rasa nasionalisme dalam diri siswa terdapat beberapa hambatan seperti siswa cenderung bosan apabila belajar sejarah lalu adanya budaya asing yang penyebaranya sangat cepat di kalangan siswa belum lagi factor seperti adanya group-group an di kalangan siswa yang bisa berakibat bully terhadap sesama siswa sehingga dalam proses meningkatkan nasionalisme yang di lakukan oleh guru sejarah menjadi terkendala

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55270

Actions (login required)

View Item View Item