Perbandingan penggunaan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dengan model pembelajaran GI (Group Investigation) dalam meningkatkan hasil belajar sejarah kelas XI IIS SMA Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar / Vendi Maradona - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan penggunaan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dengan model pembelajaran GI (Group Investigation) dalam meningkatkan hasil belajar sejarah kelas XI IIS SMA Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar / Vendi Maradona

Maradona, Vendi (2017) Perbandingan penggunaan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dengan model pembelajaran GI (Group Investigation) dalam meningkatkan hasil belajar sejarah kelas XI IIS SMA Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar / Vendi Maradona. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Maradona Vendi. 2017. Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dengan Model Pembelajaran GI (Group Investigation) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Sejarah Progam Studi S1 Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Marsudi M.Hum. Kata Kunci Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achivement Division) Model Pembelajaran GI (Group Investigation) Hasil Belajar Siswa. Matapelajaran sejarah adalah matapelajaran yang menanamkan pengetahuan nilai-nilai mengenai proses perubahan dan perkembangan masyarakat Indonesia dan dunia dari masa lampau hingga saat ini. Fakta yang terjadi di sekolah-sekolah sering ditemui berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran sejarah di kelas. Salah satu permasalahan yang terjadi adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang efektif dan efisien. Para guru matapelajaran sejarah masih sering menggunakan model pembelajaran konvensional dan berpusat pada guru akibatnya siswa hanya bersikap pasif dalam menerima pelajaran dari guru. Untuk itu peneliti melakukan penelitian di SMA Negeri 1 Kesamben dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan model pembelajaran GI (Group Investigation) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dari kedua model pembelajaran tersebut. Terdapat tiga rumusan masalah dalam penelitian ini. Pertama bagaimana hasil belajar siswa pada matapelajaran sejarah menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division). Kedua bagaimana hasil belajar siswa pada matapelajaran sejarah menggunakan model pembelajaran GI (Group Investigation). Ketiga bagaimana perbedaan hasil belajar siswa pada matapelajaran sejarah antara yang menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dengan yang menggunakan model pembelajaran GI (Group Investigation) di SMA Negeri 1 Kesamben. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan menggunakan desain pre-post test group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar. Sampel dipilih secara purposive sampling berdasarkan nilai ulangan harian dan saran dari guru matapelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Kesamben yaitu kelas XI IIS 1 berjumlah 40 siswa akan diberikan perlakuan model pembelajaran STAD dan kelas XI IIS 4 berjumlah 40 siswa akan diberikan perlakuan model pembelajaran GI. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pre-test dan post-test. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar berupa hasil pre-test post-test dan gain score. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji T tidak berpasangan (Independent Sample T-test) yang dapat diselesaikan menggunakan bantuan software SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran GI (Group Investigation). Terbukti dari hasil Uji T data gain scoreii kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 diperoleh thitung (4 136) ttabel (2 004) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari alpha 5% (0 00

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55268

Actions (login required)

View Item View Item