Pengembangan modul pembelajaran sejarah berbasis fluipbook materi Candi Surawana / Fajarita Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran sejarah berbasis fluipbook materi Candi Surawana / Fajarita Rahayu

Rahayu, Fajarita (2017) Pengembangan modul pembelajaran sejarah berbasis fluipbook materi Candi Surawana / Fajarita Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rahayu Fajarita. 2017. Pengembangan Modul Sejarah Candi Surawana. Skripsi. Jurusan Sejarah. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Deny Yudho Wahyudi M.hum. Kata Kunci Candi Surawana Seni metode pembelajaran ornamen. Perkembangan teknologi yang sangat mendukung untuk melakukan perubahan terhadap sistem pembelajaran. pada dunia pendidikan dapat meningkatkan daya tarik anak terhadap proses pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang 2013 yang telah diterapkan maka pada KD 3.4 yaitu masa Hindu Buddha di Indonesia. Sebagai bukti bangunan yang masih dapat dipelajari untuk menunjukkan kehidupan pada masa lalu adalah bangunan Candi. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode karya wisata atau lebih sering dikenal dengan metode studi wisata. Penerapan metode karya wisata kurang diterapkan pada sekolah-sekolah hal ini disebabkan untuk melakukan kujungan ke situs Candi memerlukan waktu dan biaya yang besar. Untuk itu perlu adanya pengembangan bahan ajar yang mempermudah mempelajari bukti peninggal sejarah tanpa harus datang ke lokasi atau tempat. sebagai perbaikan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi dan lebih mengenal sejarah lokal yang terletak di lingkungan sekitar.Berdasarkan uraian tersebut maka peneliti melakukan pengembangan Modul yang berbasis flipbook sebagai media pembelajaran yang cukup efektif. Tampilan yang ditayangkan oleh flibook ini juga berbeda sehingga dapat menarik minat siswa untuk belajar. Flipbook ini menggunakan media flipbook 3D. Modul tepat untuk mempelajari Candi sebab dalam modul ini terdapat video yang secara langsung dapat diamati oleh siswa dengan jelas dan detail tanpa harus datang ke lokasi Candi. Tujuan dari pengemban modul ini adalah menghasilkan modul pembelajaran yang sesuai dengan standar kurikulum 2013 dan perkembangan teknologi dan mengetahui kelayakan modul yang dihasilkan. Pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model Sugiyono yang telah dimodifikasi sebagai dasar pengembangan modul sejarah Candi Surawana. Dalam model pengembangan Sugiyono yang telah dimodifikasi ini tahap terdapat sembilan tahap meliputi potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk revisi produk uji coba pemakaian dan revisis produk) dengan mengikuti alur yang telah ditentukan maka akan sesuai dengan tujuan pengembangan model pembelajaran modul berbasis flibook. Validasi pengembangan ini dilakukan oleh dua orang dosen jurusan sejarah. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket dan lembar komentar atsau saran. Uji keterbacaan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Wates. Data yang keterbacaan selanjutnya dianalisis menggunakan kriteria presentase kelayakan dari modul yang dikembangkan. Berdasarkan pada kelayakan hasil analisis data modul yang telah dinyatakan layak dengan kriteria dari ahli materi 91% validator ahli media 78%. Serta uji keterbacaan 85%. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul dapat dikatakan layak tanpa adanya revisi. Namun atas saran dan komentar yang diberikan oleh validator dan siswa modul sedikit direvisi. Pengembangan lebih lanjut dapat dilakukan melalui uji empirik modul dengan sampel yang lebih luas untuk mengetahui keefektifan modul dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55267

Actions (login required)

View Item View Item