Penggunaan schoology sebagai media pembelajaran sejarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TAB 3 SMKN 1 Singosari / Fajarotul Murthosyiya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan schoology sebagai media pembelajaran sejarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TAB 3 SMKN 1 Singosari / Fajarotul Murthosyiya

Murthosyiya, Fajarotul (2017) Penggunaan schoology sebagai media pembelajaran sejarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TAB 3 SMKN 1 Singosari / Fajarotul Murthosyiya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Murthosyiya Fajarotul. 2017. Penggunaan Schoology Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TAB 3 SMKN 1 Singosari. Skripsi Jurusan Sejarah Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Aditya Nugroho Widiadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Schoology media pembelajaran sejarah hasil belajar. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi belakangan tumbuh semakin pesat tak terkecuali perkembangan media pembelajaran. Fungsi media sendiri adalah untuk menarik dan mengarahkan perhatian siswa sehingga mata pelajaran yang disampaikan bisa ditangkap dengan baik. Berdasarkan hasil ulangan harian semester genap yang didapat oleh siswa kelas X TAB 3 diketahui bahwa kelas ini memiliki hasil belajar yang rendah.Permasalahan rendahnya hasil belajar siswa kelas X TAB 3 disebabkan kerena guru kurang memaksimalkan penggunakan media pembelajaransehingga siswa tidak dapat menyerap materi pelajaran dengan baik.Penggunaan media pembelajaran online berupa schoology diharapkan mampu mengatasi permasalahan yang ada di kelas X TAB 3. Schoology memungkinkan penggunaya untuk menyampaikan bahan ajar berinteraksi berdiskusi melakukan evaluasi sertamemastikan kehadiran siswa secara online. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TAB 3 SMKN 1 Singosari dengan menggunakan schoology sebagai media pembelajaran sejarah. Prosedur penelitian pada penelitian tindakan kelas ini berpedoman pada model PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dari Kemmis dan Mc.Taggart prosedur penelitian yang digunakan pada model ini meliputi perencanaan (plan) pelaksanaan tindakan (action) observasi (observation) dan reflkesi (reflection). Media pendukung yang digunakan pada penelitian ini adalah laptop LCD speaker dan koneksi internet. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X TAB 3 SMKN 1 Singosari dengan jumlah keseluruhan 24 siswa. Data yang dibutuhkan adalah data dari kegiatan pembelajaran siswa menggunakan media schoology serta data hasil belajar siswayang diperoleh dari tes yang dilakukan setiap akhir siklus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi wawancara tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menggunakan media schoologymenunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas X TAB 3. Pada kegiatanobservasiawaldiketahui bahwa hasil belajar siswa yang nilainya memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) diatas 76 adalah sebesar 13 siswa dengan prosentase 54 16%. Dari tes akhir siklus I diketahui bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan meskipun belum memenuhi nilai ketuntasan klasikal 8805 75%. Sebanyak 17 siswa yang mendapat nilai diatas KKM dengan prosentase 70 83%. Hasil tes akhir siklus II menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai melebihi KKM sebanyak 21 siswa dengan prosentase 87 50%. Dengan demikian peneliti menyarankan kepada guru agar nantinya tetap memanfaatkan schoology sebagai media pembelajaran sejarah. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55264

Actions (login required)

View Item View Item