Noer, Achmad Al Fattah (2017) Perkembangan pendidikan Pondok Pesantren Al Fattah Desa Siman Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan tahun 1941-2017 / Achmad Al Fattah Noer. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Noer Achmad Al Fattah. 2017. Perkembangan Pendidikan Pondok Pesantren Al Fattah Desa Siman Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan Tahun 1941- 2017. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Najib Jauhari S.Pd. M.Hum. Kata Kunci Perkembangan Pendidikan Pondok Pesantren Al Fattah Kabupaten Lamongan Perkembangan lembaga-lembaga pendidikan yang ada di bangsa ini telah memberikan sebuah kontribusi yang penting dalam dunia pendidikan bagi masyarakatnya. Salah satu lembaga yang memberikan hal tersebut yakni lembaga pendidikan pondok pesantren meskipun sistem yang ada di pesantren termasuk kuno akan tetapi mampu mencetak generasi bangsa yang cerdas berkarakter dan berakhlak. Perkembangan pendidikan di Pondok Pesantren Al Fattah sejak tahun 1941 hingga sekarang merupakan bukti peran pesantren terhadap perkembangan pendidikan di Indonesia. Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah yang akan dikaji yaitu (1) Bagaimana latar belakang berdirinya Pondok Pesantren Al Fattah (2) Bagaimana perkembangan pendidikan Pondok Pesantren Al Fattah Tahun 1941-2017. Penelitian ini menggunakan metode sejarah. Metode sejarah meliputi heuristik yaitu pengumpulan sumber kritik yaitu pengujian mengenai kebenaran dan ketepatan atau akurasi dari sumber data interpretasi yaitu analisa dari fakta yang diperoleh dari sumber-sumber sejarah dan historiografi yaitu penulisan sejarah. Teknik penelitian dilakukan melalui studi observasi studi dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil dari penelitian diperoleh sebuah kesimpulan bahwa perkembangan pendidikan di Pondok Pesantren Al Fattah yang didirikan oleh K.H. Abdul Fattah pada tahun 1941 mampu merubah pandangan masyarakat Desa Siman untuk lebih mengenal pendidikan melalui pondok pesantren selain itu juga berjuang untuk bangsa dalam melawan penjajah bersama santri-santrinya. Meskipun bangsa ini banyak mengalami permasalahan beliau tetap bersemangat untuk menanamkan semangat dalam dunia pendidikan. Cita-cita beliau untuk mendirikan sebuah madrasah telah berhasil dan bermanfaat hingga sekarang. Dari penelitian ini juga diperoleh kesimpulan bahwa pergantian pengasuh Pondok Pesantren Al Fattah yang awalnya dipimpin oleh K.H. Abdul Fattah (1941-1992) dan dilanjutkan oleh K.H. Abdul Madjid Fattah (1992-2002) dan K.H. Masduqi Ali Fathon (2003-2017) banyak memberikan perubahan dan kemajuan baik dari sistem pendidikan sarana prasarana dan perkembangan pendidikan dilembaga formal dan informal dan juga perubahan terhadap masyarakat sekitar. ABSTRACT Noer Achmad Al Fattah. 2017. The development of al Fattah Islamic boarding school education in Siman village of Sekaran subdistrict of Lamongan regency in 1941-2017. Thesis. Department of history. Faculty of social science. State university of Malang. Supervisor Najib Jauhari S.Pd. M.Hum. Keyword education development al Fattah Islamic boarding school lamongan district. The development of education institutions in this country has given important contribution in education world for community. One of institutions that gives it is Islamic boarding school education institution even though the system in the Islamic boarding school is ancient but can create intelligent character and moral generation. The development of education in al Fattah Islamic boarding school since 1941 until now is a proof of the Islamic boarding school role for the development of education in Indonesia. The study has two research questions that will be examined those are 1) how is the background of founding al Fattah Islamic boarding school 2) how is the development of education al Fattah Islamic boarding school in 1941-2017. This study uses historical method. Historical method include heuristic which is collecting source critics that is examining concerned to correctness and accuracy from the data source interpretation is analyzing from the obtained data from historical sources and historiography is writing history. The research technique is used through observation study documentation study and interviewing. Based on the result from the study obtained a conclusion that development of education in al Fattah Islamic boarding school which is founded by KH. Abdul Fattah in 1941 can change society s point of view in siman village to know more about education through Islamic boarding school in other side fighting for the country to against colonialist with his students. Even though this country many experienced problems he still attempt to motivate in education world. His dreams to found school has done and benefit until now. From this study also obtained conclusion that the changing guardian of al Fattah Islamic boarding school is previously led by K.H Abdul Fattah (1941-1992) and continued by K.H Abdul Madjid Fattah (1992-2002) and K.H Masduqi Ali Fathon (2003-2017) who give much change and improvement among education system infrastructures and development of education in formal and informal institution and also the change to around the society.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55260 |
Actions (login required)
View Item |