Persepsi peserta didik kelas XI MIA dan XI IIS di MAN 2 Ponorogo terhadap "Peranan Bathoro Katong dalam islamisasi di Ponorogo" semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Ahmad Syahroni - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi peserta didik kelas XI MIA dan XI IIS di MAN 2 Ponorogo terhadap "Peranan Bathoro Katong dalam islamisasi di Ponorogo" semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Ahmad Syahroni

Syahroni, Ahmad (2017) Persepsi peserta didik kelas XI MIA dan XI IIS di MAN 2 Ponorogo terhadap "Peranan Bathoro Katong dalam islamisasi di Ponorogo" semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Ahmad Syahroni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syahroni Ahmad. 2017. Persepsi Peserta Didik Kelas XI MIA dan XI IIS di MAN 2 Ponorogo Terhadap Peranan Bathoro Katong dalam Islamisasi di Ponorogo Semester Genap Tahun ajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Deny Yudo Wahyudi S.Pd. M.Hum. Kata Kunci persepsi Bathoro Katong islamisasi. Pembelajaran sejarah di MAN 2 Ponorogo pada umumnya tidak mengaitkan antara materi pelajaran sejarah dengan sejarah lokal yang ada yaitu Bathoro Katong. Mengaitkan sejarah nasional sebagai materi dalam matapelajaran sejarah dengan sejarah lokal dapat menggugah ketertarikan peserta didik terhadap matapelajaran sejarah. Selain itu mengaitkan materi pelajaran sejarah dengan sejarah juga merupakan bentuk pembelajaran yang kontekstual. Pemberian materi sejarah lokal kepada peserta didik juga merupakan jalan yang baru yang dilakukan di MAN 2 Ponorogo bentuk stimulus yang diberikan kepada peserta didik adalah dengan penggunaan angket yang kemudian juga dapat dimanfaatkan sebagai metode pengambilan data. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi peserta didik di kelas XI MIA dan kelas XI IIS MAN 2 Ponorogo terkait sejarah lokal Ponorogo. Setelah mendapatkan hasil persepsi dari kelas tersebut maka peneliti akan mendeskripsikan hasil persepsi untuk mengetahui terdapat perbedaan persepsi atau tidaknya antara kelas XI MIA dan kelas XI IIS MAN 2 Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan model komparatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling purposive. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner atau angket. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket persepsi Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji normalitas data dan uji homogenitas data. Pengujian hipotesis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t one way anova. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwasannya hasil total skor rata-rata persepsi yang diperoleh dari kelas XI MIA lebih besar dibandingkan dengan kelas XI IIS dengan penjabaran hasil total skor rata-rata persepsi dari kelas XI MIA adalah 48 27 sedangkan dari kelas XI IIS adalah 44 28. Selisih skor yang didapatkan antara kelas XI MIA dan kelas XI IIS adalah sebesar 3 99. Berdasarkan hasil uji Kolmogorov-Smirnov nilai signifikansi dari kelas XI MIA adalah 0 067 0 0 05 dan dari kelas XI IIS adalah 0 052 0 05 maka dapat disimpulkan bahwa data dari kedua kelas tersebut berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji homogenitas nilai signifikansinya adalah 0 0798 0 05 maka data tersebut dapat dinyatakan homogen. Berdasarkan pada uji-t one way anova menunjukkan nilai signifikansi 0 001

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55259

Actions (login required)

View Item View Item