Pengembangan media pembelajaran poster sejarah "candi Jago Peninggalan dari Kerajaan Singhasari" sebagai penguat KD 3.6 kurikulum 2013 pada kelas X SMK Shalahuddin 2 malang / Alfian Agung Fauzi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran poster sejarah "candi Jago Peninggalan dari Kerajaan Singhasari" sebagai penguat KD 3.6 kurikulum 2013 pada kelas X SMK Shalahuddin 2 malang / Alfian Agung Fauzi

Fauzi, Alfian Agung (2017) Pengembangan media pembelajaran poster sejarah "candi Jago Peninggalan dari Kerajaan Singhasari" sebagai penguat KD 3.6 kurikulum 2013 pada kelas X SMK Shalahuddin 2 malang / Alfian Agung Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauzi Agung Alfian. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Poster Sejarah Candi Jago Peninggalan dari Kerajaan Singahasari sebagai Penguat KD 3.6 Kurikulum 2013 pada Kelas X SMK Shalahuddin 2 Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati M.Hum. Kata Kunci media pembelajaran poster sejarah Candi Jago Media pembelajaran berfungsi sebagai alat penunjang proses pembelajaran. Proses pembelajaran idealnya dibuat semenarik mungkin agar tercipta suasana pembelajaran yang menarik dengan hasil yang maksimal sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Namun di SMK Shalahuddin 2 Malang ketertarikan siswa rendah karena terbatasnya media pembelajaran pada matapelajaran sejarah. Media pembelajaran menggunakan poster sejarah adalah salah satu strategi yang bisa digunakan oleh guru dalam menciptakan gairah dan semangat belajar peserta didik. Tidak semua sekolah memiliki fasilitas yang memadai dalam bidang teknologi pembelajaran sehingga poster sejarah adalah salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru untuk memaksimalkan hasil belajar dari proses kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk menghasilkan media pembelajaran poster sejarah pada matapelajaran sejarah Indonesia pokok bahasan Candi Jago peninggalan dari Kerajaan Singhasari kelas X yang dapat digunakan sebagai media alternative untuk belajar para peserta didik SMK Shalahuddin 2 Malang. Penelitian ini juga memiliki tujuan khusus untuk memproduksi media pembelajaran sejarah yang berupa poster untuk kelas X SMK Shalahuddin 2 Malang. Tujuan selanjutnya untuk mengukur efektivitas produk media pembelajaran sejarah yang berupa poster untuk kelas X Di SMK Shalahuddin 2 Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R D). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Sugiyono yang terdiri atas (1) Potensi dan Masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi desain (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk dan (10) produk massal. Dari sepuluh langkah metode tersebut hanya sembilan langkah yang diterapkan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini berupa instrumen angket untuk validasi ahli dan peserta didik. Hasil penelitian ini mengacu pada hasil validasi dan uji coba produk. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh para ahli peneliti memperoleh skor persentase dari ahli materi masing-masing sebesar 97 5% sedangkan hasil dari ahli media sebesar 95%. Persentase skor dari hasil uji coba kelompok kecil dengan melibatkan 8 peserta didik adalah 88 43% dan dalam uji coba kelompok besar 92 6% pada kelas X SMK Shalahuddin 2 Malang. Hasil uji coba yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengembangan media poster sejarah Candi Jago layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55257

Actions (login required)

View Item View Item