Saudah, Ana Nur Rohmatus (2017) Pengembangan kuis berbasis web dari classmarker pada mata pelajaran sejarah untuk siswa kelas XI SMAN 8 Malang materi perjuangan daerah mempertahankan kemerdekaan / Ana Nur Rohmatus Saudah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Saudah Ana Nur Rohmatus. 2017. Pengembangan Kuis Berbasis Web dari Classmarker Pada Matapelajaran Sejarah Untuk Siswa Kelas XI SMAN 8 Malang Materi Perjuangan Daerah Mempertahankan Kemerdekaan. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Aditya N. Widiadi S.Pd. M.Pd Kata Kunci Pengembangan Kuis berbasis web Classmarker Pembelajaran Sejarah. Latar belakang penelitian pengembangan ini adalah berangkat dari potensi dan masalah yang ada di lapangan. Sekolah yang dipilih menjadi subjek penelitian yakni kelas XI SMAN 8 Malang. Terdapat materi yang sering dianggap sulit dipahami oleh siswa kelas XI SMAN 8 Malang yakni materi perjuangan daerah mempertahankan kemerdekaan dikarenakan sub-bahasan dalam materi tersebut sangat banyak dan terkadang waktu untuk membahas keseluruhan materi masih kurang sehingga hanya dibahas dan dijelaskan secara singkat. Alasan peneliti memilih kuis adalah dengan adanya kuis maka siswa akan belajar dengan cara mengerjakan soal yang tersedia pada kuis dengan soal yang berisi materi perjuangan daerah mempertahankan kemerdekaan. Alasan dipilihnya kuis berbasis web karena sekolah SMAN 8 Malang pernah menerapkan ujian online. Sehingga ini sangat membantu dalam penggunaan dan pengujian produk kepada siswa karena mereka pernah menggunakan ujian online sebelumnya. Kemudian alasan peneliti memilih classmarker karena penggunaan website ini gratis dan mudah digunakan. Tujuan Penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan produk berupa kuis berbasis web dari classmarker pada matapelajaran Sejarah untuk siswa kelas XI SMAN 8 Malang dengan materi perjuangan daerah mempertahankan kemerdekaan. Produk yang dikembangkan ini digunakan untuk membantu siswa dalam belajar materi perjuangan daerah mempertahankan kemerdekaan. Dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan dari Sugiyono yakni dengan tahap (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) revisi produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk (10) produksi masal. Validasi produk dilakukan oleh ahli evaluasi pembelajaran dan ahli materi. Analisis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari angket yang diisi oleh siswa pada uji coba pemakaian. Produk yang dikembangakan berupa kuis berbasis web dimana didalam kuis tersebut berisi soal-soal (pertanyaan) terkait dengan materi perjuangan daerah mempertahankan kemerdekaan. Terdapat 50 butir soal dalam kuis dengan bentuk soal antara lain soal pilihan ganda soal benar-salah soal jawaban singkat soal uraian dan soal menjodohkan. Berdasarkan hasil penilaian atas produk oleh para ahli dan uji coba lapangan diperoleh kesimpulan bahwa produk kuis yang dikembangkan layak digunakan sebagai alternatif dalam membantu siswa belajar sejarah perjuangan daerah mempertahankan kemerdekaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55256 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |