Pengembangan kuis interaktif berbasis Wondershare Quiz Creator dalam evaluasi pembelajaran sejarah kelas XI di MA Ma'Arif 7 Banjarwati Kabupaten Lamongan / M. Syaeful Anam - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan kuis interaktif berbasis Wondershare Quiz Creator dalam evaluasi pembelajaran sejarah kelas XI di MA Ma'Arif 7 Banjarwati Kabupaten Lamongan / M. Syaeful Anam

Anam, M. Syaeful (2017) Pengembangan kuis interaktif berbasis Wondershare Quiz Creator dalam evaluasi pembelajaran sejarah kelas XI di MA Ma'Arif 7 Banjarwati Kabupaten Lamongan / M. Syaeful Anam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anam M. Syaeful. 2017.Pengembangan Kuis Interaktif BerbasisWondershare Quiz Creator Dalam Evaluasi Pembelajaran Sejarah Kelas XIDi MA Ma arif 7 Banjarwati Kabupaten Lamongan. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Joko Sayono M.Pd. M.Hum. Kata Kunci pengembangan kuis interaktif wondershare quiz creator pembelajaran sejarah Pembelajaran sejarah di MA Ma arif 7 Banjarwati Kabupaten Lamongan diajarkan dengan gayakonvensional tersebut menyebabkan pembelajaran cenderung monoton dan membosankan. Berdasarkan observasi di MA Ma arif 7 Banjarwati Kabupaten Lamongan bahwa fasilitas internet dan komputerisasi di sekolah sudah memadai tetapi belum maksimal didayagunakan dalam pembelajaran sejarah. Beberapa alasan disampaikan oleh guru matapelajaran sejarah diantaranya penggunaan media itu menambah repot media itu hanya untuk hiburan sedangkan belajar harus serius serta guru sudah terbiasa mengajar dengan metode ceramah. Selain itu guru juga menyebutkan masih ditemui perilaku mencontek ketika pelaksanaan evaluasi. Perilaku mencontek ini disebabkan ketidaksiapan peserta didik karena belum belajar dan takut memperoleh nilai rendah.Salah satu strategi mengatasi itu adalah penggunaan media yang dapat menunjang proses pembelajaran diantaranya media yang berbentuk aplikasi kuis interaktif. Kuis interaktif adalah salah satu media alternatif yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran.Salah satu aplikasi kuis interaktif adalahwondershare quiz creator. Program wondershare quiz creator mengingat disamping menyenangkan program ini akan memancing keaktifan peserta didik dalam menjawab pertanyaan mengingat pelajaran yang sudah diajarkan dan mengenalkan kembali pelajaran yang sudah diajarkan. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran kuis interaktif berbasis wondersharequiz creator yang berisi soal-soal Kelas XI Materi Bab 3 Membangun Jati Diri Keindonesiaan serta mengetahui efektivitas kuis interaktif berbasis wondersharequiz creatordalam pembelajaran sejarah Kelas XI Materi Bab 3 Membangun Jati Diri Keindonesiaan guna meningkatkan motivasi dan kemandirian peserta didik dalam belajar sejarah.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang digunakan sesuai dengan tujuan penelitian yang telah ditentukan. Model penelitian ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji efektivitas sebuah produk. Menurut Sugiyono terdapat tahapan atau langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pendekatan ini langkah-langkah penelitian pengembangan tersebut adalah (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk dan (10) produksi massal. Pengumpulan datanya menggunakan tes dan angket. Pengolahan data dilakukan setelah data hasil uji coba berhasil didapatkan. Berdasarkan hasil uji validasi materi oleh ahli materi menunjukkan tingkat kevalidan materi mendapatkan persentase sebesar 87 5%. Menurut kriteria kevalidan materi materi yang digunakan dalam pengembangan kuis interaktif berbasis wondershare quiz creator dapat disimpulkan sangat valid. Berdasarkan hasil uji validasi media oleh ahli media menunjukkan tingkat kevalidan media mendapatkan persentase sebesar 95%. Menurut kriteria kevalidan media mediayang digunakan dalam pengembangan kuis interaktif berbasis wondershare quiz creator dapat disimpulkan sangat valid. Berdasarkan perhitungan rekapitulasi uji coba produk kelompok kecil atau terbatas dapat diketahui persentase keseluruhan yang didapatkan sebesar 82 6%. Kesimpulannya bahwa produk yang dikembangkan telah valid. Ketika uji coba produk kelompok besar atau lapangan rata-rata hasil pembelajaran sebelum pemanfaatan produk kuis interaktif berbasis wondershare quiz creator untuk Kelas XI adalah 65 75 mengalami peningkatan menjadi 75 25 sesudah memanfaatkan produk kuis kuis interaktif berbasis wondershare quiz creator. Sehingga kesimpulannya bahwa produk yang dikembangkan ini layak dan efektif untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran sejarah. ABSTRACT Anam M. Syaeful. 2017.Development of Interactive Quiz Based Wondershare Quiz Creator in Evaluation of History Learning at Grade XI MA Ma arif 7 Banjarwati LamonganRegency. Thesis Department of History Faculty of Social Science State University of Malang. Advisor Dr. Joko Sayono M.Pd. M.Hum. Keywords development of interactive quiz wondershare quiz creator learning history History learning in MA Ma arif 7 Banjarwati Lamongan Regency taught With conventional style is causing learning tends to be monotonous and boring. Based on field observations that internet and computer facilities in school is adequate but not maximally utilized in learning history.Some reasons submitted by the teacher of history such as the use of media that adds bother the media is only for entertainment while learning must be serious and teachers are accustomed to teaching by lecture method. In addition the teacher also mentions the cheating behavior is still encountered when the evaluation.This cheating behavior is due to unpreparedness of learners because they have not studied and are afraid to get low score. One of strategy to overcome it is the use of media that can support the learning process such as media in the form of interactive quiz applications. Interactive quiz is one of the alternative media that can used to support learning process. One of interactive quiz applications is wondershare quiz creator. Program wondershare quiz creator remember in addition to fun this program will lure learners activeness in answering question remember lessons that have been taught and reintroduce the lessons that have been taught. The study aimed to produce an interactive quiz learning media product based on wondershare quiz creator which contains the questions of grade XI Material Chapter 3 Membangun Jati Diri Keindonesiaan as well as knowing the effectiveness of the quiz creator based on wondershare quiz creator in history learning at grade XI Material Chapter 3 Membangun Jati Diri Keindonesiaan in order to increase the motivation and independence of learners in learning history. This research is a research development that is used in accordance with the purpose of research that has been determined. This research model is used to produce a specific product and test the effectiveness of a product. According to Sugiyono there are steps or steps to be taken in this approach the steps of the development research are (1) potential and problem (2) data collection (3) product design (4) design validation (5) Design revisions (6) product trials (7) product revisions (8) usage trials (9) product revisions and (10) mass production. Data collection using tests and questionnaires. Data processing is done after the test result data got. Based on the result of material validation test by the material expert it shows the material s validity rate is 87.5%. According to the validity and material criteria the material used in the development of an interactive quiz based on wondershare quiz creator can be inferred very validly. Based on the media validation test by media experts it shows the level of the validity and the material gets a percentage of 95%. According to the prevalence and media criteria media used in the development of an interactive quiz based on wondershare quiz creator can be inferred very validly. Based on the calculation of small or limited group product trial it can be seen that the overall percentage is 82.6%. The conclusion that the product developed has been valid. When a large group product trial or an average field of learning outcomes prior to the use of an interactive quiz-based quiz creator product for grade XI was 65.75 it increased to 75.25 after utilizing quiz creator. So the conclusion that the product developed is feasible and effective to be utilized in learning history. So the conclusion that the product developed is feasible and effective to be utilized in history learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55254

Actions (login required)

View Item View Item