Pengaruh model pembelajaran learning cycle-5E pada mata pelajaran sejarah terhadap keaktifan belajar kelas X RPL SMKN 8 Malang / Mushaibah Trysna Windayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran learning cycle-5E pada mata pelajaran sejarah terhadap keaktifan belajar kelas X RPL SMKN 8 Malang / Mushaibah Trysna Windayu

Windayu, Mushaibah Trysna (2017) Pengaruh model pembelajaran learning cycle-5E pada mata pelajaran sejarah terhadap keaktifan belajar kelas X RPL SMKN 8 Malang / Mushaibah Trysna Windayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Windayu Mushaibah Trysna. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle-5E pada Matapelajaran Sejarah Terhadap Keaktifan Belajar Kelas X RPL SMKN 8 Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Program Studi S1 Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Joko Sayono M.Pd. M.Hum Kata Kunci model pembelajaran learning cycle-5E matapelajaran sejarah keaktifan belajar Keaktifan peserta didik dalam menjalani kegiatan pembelajaran merupakan salah satu kunci terciptanya tujuan pembelajaran. Berdasarkan observasi awal peneliti menemukan permasalahan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran sejarah belum merata ke seluruh kelas. Berkaitan dengan itu peneliti mencoba untuk menerapkan model Learning Cycle-5E dalam pembelajaran di kelas. Model pembelajaran Learning Cycle-5E merupakan suatu proses belajar mengajar yang diterapkan berdasarkan pendekatan konstruktivis yang terdiri dari 5 fase. Fase tersebut yaitu (1) engagement (2) exploration (3) explanation (4) elaboration dan (5) evaluation. Model Learning Cycle-5E akan membuat peserta didik aktif dalam kegiatan pembelajaran dikarenakan pengetahuan dibangun sendiri oleh peserta didik dan guru sebagai fasilitator (student oriented). Terdapat tiga rumusan masalah dalam penelitian ini. Pertama bagaimana keaktifan belajar peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran Learning Cycle-5E. Kedua bagaimana keaktifan belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Learning Cycle-5E. Ketiga bagaimana pengaruh model Learning Cycle-5E terhadap keaktifan belajar. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif Pre-Experimental Design dengan bentuk desain one-group pretest-postest design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X RPL SMKN 8 Malang tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling sehingga diperoleh kelas X RPL B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi untuk melihat nilai keaktifan siswa. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini dapat dipaparkan sebagai berikut. Pertama hasil pre-test memperoleh persentase nilai rata-rata keaktifan sebesar 43. Kedua rata-rata hasil post-test memperoleh persentase nilai rata-rata sebesar 63. Ketiga model pembelajaran Learning Cycle-5E berpengaruh positif terhadap keaktifan belajar peserta didik. Perbedaan perolehan nilai rata-rata keaktifan belajar antara pre-test dan post-test dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran Learning Cycle-5E terhadap keaktifan belajar peserta didik. Sehingga peneliti menyarankan agar pembelajaran dikelas dapat menerapkan model pembelajaran Learning Cycle-5E sebagai variasi dalam kegiatan pembelajaran sejarah untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55251

Actions (login required)

View Item View Item