Penerapan media film dokumenter untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran sejarah siswa kelas X-I Pemasaran SMK Taruna Jaya Gresik / Widi Yoga Prakoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media film dokumenter untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran sejarah siswa kelas X-I Pemasaran SMK Taruna Jaya Gresik / Widi Yoga Prakoso

Prakoso, Widi Yoga (2017) Penerapan media film dokumenter untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran sejarah siswa kelas X-I Pemasaran SMK Taruna Jaya Gresik / Widi Yoga Prakoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prakoso Widi Yoga. 2017. Penerapan Media Film Dokumenter Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X-I Pemasaran SMK Taruna Jaya Gresik. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Deny Yudo Wahyudi S.Pd. M.Hum Kata Kunci media film dokumenter motivasi belajar matapelajaran sejarah Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X-I Pemasaran SMK Taruna Jaya melalui penerapan media film dokumenter. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi angket wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan mulai dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Peneliti dan guru berkolaborasi untuk penyususnan RPP sedangkan guru sejarah kelas X-I Pemasaran SMK Taruna Jaya bertindak sebagai pelaksana tindakan peneliti bertindak sebagai observer bertugas sebagai pengamat pelaksanaan tindakan oleh guru kelas dengan mencatat segala hal yang dilakukan guru dan siswa. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas X-I Pemasaran SMK Taruna Jaya yang berjumlah 21 siswa yang keseluruhannya terdiri dari perempuan. Untuk kelas X-I Pemasaran tingkat motivasi belajar siswa sangat rendah sehingga mempunyai reputasi yang buruk. Berdasarkan observasi awal guru lebih sering menggunakan metode ceramah sehingga siswa hanya mendengarkan dan mencatat penjelasan dari guru. Hal tersebut mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi dan motivasi belajar siswa menjadi rendah. Ketika waktu pembelajaran siswa ada yang pergi ke kantin bermain handphone tidak masuk tanpa keterangan dan bahkan ada juga yang bertengkar satu sama lain. Dalam pembelajaran sejarah siswa cenderung tidak memperhatikan seperti bermain handphone mengobrol dengan teman sebangku serta mengerjakan tugas matapelajaran lain. Ketika guru memberikan pertanyaan kepada siswa respon yang diberikan adalah siswa menjawab pertanyaan tersebut dengan asal dan ada juga yang diam tidak menjawab pertanyaan tersebut sehingga dalam pembelajaran siswa cenderung pasif. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan penggunaan media yang dapat menarik motivasi belajar dan perhatian siswa. Alternatif untuk menangani masalah ini adalah dengan menggunakan media film dokumenter yang dapat menarik perhatian siswa serta menumbuhkan motivasi belajar pada pembelajaran sejarah sehingga suasana pembelajaran menyenangkan dan tidak membosankan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media film dokumenter dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X-I Pemasaran. Persentase motivasi belajar siswa berdasarkan hasil angket pada siklus I sebesar 65% dan meningkat pada siklus ke II menjadi 73%. Berdasarkan pedoman observasi siswa juga meningkat dari siklus I sebesar 68% dan pada siklus II menjadi 83%. Hal ini menunjukkan bahwa media film dokumenter dapat diterapkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan guru dapat menggunakan media film dokumenter sebagai bagian untuk menyampaikan materi dan menarik siswa agar termotivasi dalam pembelajaran sejarah. ABSTRACT Prakoso Widi Yoga. 2017. Implementation of Documentary Film As Media To Increase Student Motivation on The Subject of History in Class X-I Marketing SMK Taruna Jaya Gresik. Thesis Department of History Faculty of Social Science State University of Malang. Advisor Deny Yudo Deny Wahyudi S.Pd. M.Hum Keywords media documentary film motivation to learn history class. The research is aimed to improve motivation learn student class X-I Marketring SMK Taruna Jaya through the implementation media documentary film. The method used is the Classroom Action Research (CAR). Data collected by observation questionnaires interviews documentation and field notes. The study consisted of two cycles and each cycle carried out by stages from planning implementation observation and reflection. Researchers and teachers collaborate to prepare the RPP while the history teacher of class X-I Marketing SMK Taruna Jaya acted as executor of the action Researchers act as an observer on duty as an observer implementation of actions by the class teacher to record everything that teachers and students. The subject of the research is a class XI student of SMK Taruna Jaya Marketing which has 21 students who made up entirely of women. Student from class X-I Marketing motivation level is very low so as to have a bad reputation. Based on the beginning observations teacher more often using method lectures so the student just listen and record an explanation from the teacher in their book. It it affects the understanding of students on the subject material and motivation to learn students become low. When the class time begin students from class X-I Marketing go to the cafeteria play phone absence without a description and even some people fight with each other. In the history class students tend to not pay attention to such smartphone chat with their seatmate and doing another task. When the teacher gives the question to the student student response that was given was absurd and some student also silent did not answer the question that so the learning process student tend to be passive. These problems can be overcome by the use of media that can attract students learning motivation and attention. Alternatives to handle this problem is to use the media documentary that can attract the attention of students and motivate learning in the history class so that the learning atmosphere is fun and not boring. The results showed that the use of documentary media can increase students motivation in class X-I Marketing. Percentage of motivation to learn based on the results of a questionnaire on the cycle I by 65% and increase the cycle into second cycle become 73%. Based on the guidelines for the observation of student also increased from cycle I by 68% and in cycle II become 83. It is demonstrated that the use of media film documentaries can be applied to increase the motivation to learn of students. From that research teacher are expected to use the media as part of a documentary film to convey the material and attract students to be motivated in learning history.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55248

Actions (login required)

View Item View Item