Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran team quiz terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran sejarah pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia kelas XI IPS di MAN Mojosari / Arisa Shofiliani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran team quiz terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran sejarah pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia kelas XI IPS di MAN Mojosari / Arisa Shofiliani

Shofiliani, Arisa (2017) Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran team quiz terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran sejarah pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia kelas XI IPS di MAN Mojosari / Arisa Shofiliani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Shofiliani Arisa. 2017. Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Team Quiz Terhadap Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran Sejarah pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas XI IPS di MAN Mojosari. Skripsi Jurusan Sejarah Program Studi S1 Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Marsudi M.Hum. Kata Kunci Strategi pembelajaran Team Quiz Hasil Belajar. Tujuan pembelajaran dapat dikatakan tercapai apabila hasil belajar peserta didik baik dan diatas rata-rata KKM. Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh individu setelah proses belajar berlangsung. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya cara mengajar guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Banyak strategi pembelajaran yang dapat dimanfaatkan guru salah satunya Team Quiz. Team Quiz merupakan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kerja sama tim dan sikap tanggung jawab peserta didik dalam suasana yang menyenangkan. Strategi pembelajaran ini dapat menjadikan hasil belajar lebih baik dalam belajar sejarah. Terdapat tiga rumusan masalah dalam penelitian ini. Pertama bagaimana hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 1 pada mata pelajaran sejarah sebelum menggunakan strategi pembelajaran Team Quiz. Kedua bagaimana hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 1 pada mata pelajaran sejarah sesudah menggunakan strategi pembelajaran Team Quiz. Ketiga bagaimana pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Team Quiz terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran sejarah pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia kelas XI IPS 1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Experiment. Desain eksperimen yang digunakan adalah Nonequevalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI MAN Mojosari. Sampel dipilih secara nonprobability sampling (purposive) berdasarkan saran dari guru sejarah di MAN Mojosari yakni kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa instrumen perlakuan berupa silabus RPP dan strategi Team Quiz. Sedangkan instrumen pengukuran berupa tes (pre-test dan post-test). Analisis statistik yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan strategi Team Quiz. Pengaruh hasil belajar peserta didik terlihat dari nilai gainscore. Rata-rata gainscore kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 19 62 11 62. Hasil analisis menggunakan independent sample test diperoleh nilai thitung 3 396 dan ttabel 1 994. Karena thitung ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Team Quiz terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55247

Actions (login required)

View Item View Item