Pengembangan media pop up book tentang Candi Jago di Malang dalam materi Indonesia zaman Hindhu-Buddh untuk SMA Negeri 1 Turen kelas X IPS sejarah wajib / Alkurotul Ainiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pop up book tentang Candi Jago di Malang dalam materi Indonesia zaman Hindhu-Buddh untuk SMA Negeri 1 Turen kelas X IPS sejarah wajib / Alkurotul Ainiyah

Ainiyah, Alkurotul (2017) Pengembangan media pop up book tentang Candi Jago di Malang dalam materi Indonesia zaman Hindhu-Buddh untuk SMA Negeri 1 Turen kelas X IPS sejarah wajib / Alkurotul Ainiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ainiyah A. 2017. Pengembangan Media Pop Up Book Tentang Candi Kidal dan Candi Jago Di Malang Dalam Materi Indonesia Zaman Hindu Buddha untuk SMA Negeri 1 Turen Kelas X Sejarah Wajib. Skripsi Jurusan Sejarah Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Najib Jauhari S.Pd. M.Hum Kata Kunci Pengembangan media pop up book Candi Kidal dan Candi Jago Matapelajaran sejarah memiliki materi pembahasan tentang masa lalu. Dalam hal ini guru dituntut untuk berkreasi dalam menyampaikan materi agar siswa tertarik dalam belajar sejarah. Pada zaman sekarang guru dapat menggunakan media berupa cetak maupun elektronik. Seperti halnya media cetak berupa pop up book. Pop up book adalah media cetak yang menampilkan gambar tiga dimensi. Gambar yang ditampilkan disertai dengan penjelasan sehingga membuat siswa tertarik dalam belajar. Pop up book ini dikembangkan untuk sejarah wajib dalam materi Indonesia zaman Hindu Buddha dengan materi pokok yaitu Candi Kidal dan Candi Jago. Pemilihan materi ini berdasarkan pada pengenalan hasil kebudayaan kerajaan Hindu Buddha di Indonesia khususnya di Malang dan masih ada hingga saat ini. Materi yang dipaparkan masuk dalam KD 3.6 yaitu menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat pemerintahan dan budaya pada masa kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono. Metode ini memiliki sepuluh tahapan namun dalam penelitian ini hanya menggunakan 9 tahap yaitu (1) Potensi dan masalah (2) Mengumpulkan informasi (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Perbaikan desain (6) Uji coba produk (7) Revisi produk (8) Uji coba pemakaian (9) Revisi produk. Instrumen dalam penelitian adalah berupa lembar validasi ahli materi dan media serta menggunakan angket respon siswa. Melalui validasi oleh dosen ahli materi diperoleh persentase sebesar 95 4% dan validasi oleh guru ahli materi sebesar 90%. Sedangkan validasi oleh ahli media diperoleh persentase sebesar 96 6%. Uji coba produk yang telah dilakukan di SMA Negeri 1 Turen kelas X IPS diperoleh hasil angket untuk kelompok kecil adalah 90% dan kelompok besar adalah 94 2%. Kesimpulan yang diperoleh dari perolehan persentase tersebut bahwa media pop up book yang dikembangkan sangat valid sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas. Penulis berharap akan ada pengembangan berupa pop up book selanjutnya dengan gambar yang lebih menarik. ABSTRACT Ainiyah A. 2017. Development Of Pop Up Book Media About Kidal Temple And Jago Temple In Malang On The Topic Of Hindu Buddhist Era In Indonesia For X Ips Grade Students Of SMA Negeri 1 Turen On Mandatory History Subject Program Study Education Of History Faculty Of Social Science State University Of Malang. Supervisor Najib Jauhari S.Pd M.Hum. Keywords Development media pop up book Kidal Temple and Jago Temple History courses have discussion a topic about the past. In this case the teachers are required to be creative in presenting the topic so that students interested in learning the history. In the new era teachers can use in the form and electronic media. As well as the print media in the form of pop-up book. Pop-up book is the form media that displays three-dimensional images. Images are displayed together with the explanations so as to make students interested in learning. Pop-up book is developed to history mandatory in topic of Indonesia era Hindu and Buddhist with subject topic that is Kidal Temple and Jago Temple. This material selection is based on the introduction of cultural products Hindu Buddhist kingdom in Indonesia especially in Malang and still exists today. The material presented is included in KD 3.6 to analyze the development of community life governance and culture during the kingdoms Hindu and Buddhist in Indonesia as well as show examples of evidence that still applies to the Indonesian people s lives today. The method used in this study is research and development method according to Sugiyono. This method has ten stages. However in the research onli nine stages which is used including (1) Potential and prolems (2) Collecting information (3) Product desain (4) design validation (5) design inprovements (6) product testing (7) product revision (8) utility testing (9) final product revision. Instruments in the validation study is in the form of sheet material and media experts as well as using the student questionnaire responses. Through validation by expert lecturers obtained topic percentage of 95.4% and validation by subject topic expert teachers of 90%. While validation by media experts obtained a percentage of 96.6%. Product trials have been conducted in SMA Negeri 1 Turen class X IPS questionnaire results obtained for a small group was 90% and the large group was 94.2%. Conclusion of the acquisition of the percentage that the media pop-up book developed very valid so it can be used in the classroom. The author hopes there will be the development of the next book in the form of a pop up with a more attractive image.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55239

Actions (login required)

View Item View Item