Penggunaan media path dalam pembelajaran sejarah Indonesia untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X Teknik Bodi Otomotif SMKN 3 Boyolangu kabupaten Tulungagung / Farid Wajdi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media path dalam pembelajaran sejarah Indonesia untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X Teknik Bodi Otomotif SMKN 3 Boyolangu kabupaten Tulungagung / Farid Wajdi

Wajdi, Farid (2017) Penggunaan media path dalam pembelajaran sejarah Indonesia untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X Teknik Bodi Otomotif SMKN 3 Boyolangu kabupaten Tulungagung / Farid Wajdi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wajdi Farid. 2017. Penggunaan Media Path dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Teknik Bodi Otomotif SMKN 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Skripsi. Jurusan Sejarah Program Studi S1 Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Aditya Nugroho Widiadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci motivasi belajar pembelajaran sejarah Indonesia media Path. Motivasi belajar merupakan faktor penting bagi peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik. Materi sejarah yang mengkaji tentang kehidupan masa lampau menjadikan peserta didik merasa bosan ketika mengikuti pembelajarannya sehingga dibutuhkan motivasi belajar yang tinggi. Permasalahan tersebut terjadi di kelas X Teknik Bodi Otomotif (TBO) SMKN 3 Boyolangu. Path sebagai media sosial yang terbarukan dengan fasilitas komunikasi yang lengkap merupakan hasil dari pengembangan teknologi informasi familiar dikalangan remaja dapat dijadikan sebagai media pembelajaran sejarah Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X TBO SMKN 3 Boyolangu terhadap pembelajaran sejarah Indonesia melalui penggunaan media Path. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian yang dikaji dalam hal ini adalah proses pembelajaran sejarah Indonesia di kelas X TBO penggunaan media Path dalam pembelajaran sejarah Indonesia dan tingkat motivasi peserta didik terhadap pembelajaran sejarah Indonesia ketika menggunakan media Path. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi dan angket. Peneliti dalam hal ini bertugas sebagai observer dan mengumpulkan data. Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh hasil bahwa tingkat motivasi belajar peserta didik kelas X TBO dari empat aspek yang dinilai pada siklus I yaitu aspek minat sebesar 67 85% aspek perhatian 60% aspek pikiran 67 38% dan aspek aktifitas 68 57%. Merujuk dari keempat aspek tersebut maka motivasi belajar peserta didik rata-rata sebesar 65 95% dengan kategori baik namun masih dekat dengan kategori cukup dan rentan untuk kembali rendah. Pada siklus II terjadi peningkatan dari siklus I yakni pada aspek minat sebesar 83 00% aspek perhatian 76% aspek pikiran 79 76% dan aspek aktifitas 81 90%. Berdasarkan empat aspek yang dinilai maka rata-rata motivasi belajar peserta didik pada siklus kedua sebesar 80 17% (naik sebesar 14 2%) dengan kategori baik. Penggunaan media Path dalam pembelajaran sejarah Indonesia mampu membentuk kebiasaan peserta didik dalam memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mencari ilmu yang bermanfaat. Tingkat motivasi belajar peserta didik pada siklus II juga menujukkan adanya peningkatan yang mendekati kategori sangat baik dan jauh dari level cukup dengan demikian motivasi belajar peserta didik dapat dikatakan stabil. Hasil pengolahan data motivasi belajar tersebut juga menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media Path dalam pembelajaran sejarah Indonesia mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X TBO terhadap pembelajaran sejarah Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55238

Actions (login required)

View Item View Item