Ain, Churin (2017) Penerapan model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas X 1 SMA Nusantara 1 Deket Kabupaten Lamongan / Churin Ain. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ain Churin. 2017. Penerapan Model Pembelajaran MURDER (Mood Understand Recall Digest Review) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X 1 SMA Nusantara 1 Deket Lamongan. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing Aditya Nugroho Widiadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci MURDER hasil belajar pembelajaran sejarah Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SMA Nusantara 1 Deket Kabupaten Lamongan diperoleh informasi bahwa terdapat beberapa permasalahan selama kegiatan pembelajaran sejarah berlangsung di kelas X 1. Pertama aktivitas siswa terbatas pada mendengarkan ceramah guru. Kedua kemampuan siswa dalam memahami materi yang disampaikan kurang. Ketiga kemampuan siswa dalam mengulang kembali materi kurang. Keempat kemampuan siswa dalam pengembangan materi kurang dari yang diharapkan. Kelima siswa kurang ikut berperan dalam kegiatan belajar mengajar. Permasalahan tersebut dapat tercermin pada data nilai UAS semester ganjil (sebelum remedial) kelas X 1 SMA Nusantara 1 Deket Kabupaten Lamongan yang mana rata-rata nilai siswa tersebut yakni sebesar 47.56 (dibawah KKM). Untuk mengatasi masalah tersebut penggunaan model pembelajaran yang bisa digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa ialah model pembelajaran MURDER. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) desain model Kemmis dan Taggart dengan empat tahapan yang meliputi (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) Pengamatan (4) Refleksi. Penelitian dilaksanakan SMA Nusantara 1 Deket Kabupaten Lamongan dengan subjek penelitian 25 siswa kelas X 1. Metode pengumpulan data dengan cara observasi dokumentasi dan penilaian hasil akhir siklus. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasi penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan model pembelajaran MURDER menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran MURDER sudah mencapai 74 6% pada siklus I dan meningkat menjadi 89 7% pada siklus II. Sedangkan berdasarkan data hasil belajar siswa pada siklus I dapat diketahui siswa yang tuntas belajar sebanyak 18 18% (4 siswa dari 22 siswa yang mengikuti skor hasil akhir tes) dan nilai rata-rata hasil berlajar siswa masih rendah yakni 53.36. Namun pada siklus II hasil belajar siswa mengalami kenaikan yakni dapat ditunjukkan pada siswa yang tuntas belajar sebanyak 65 22% (15 siswa dari 23 siswa yang mengikuti skor hasil akhir tes) dan nilai rata-rata hasil berlajar siswa yakni sebesar 78.13%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55236 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |