Irawan, Dedi (2017) Pengembangan bahan ajar majalah pada materi perkembangan masyarakat dan teknologi pra-aksara kelas X akutansi di SMK negeri 12 Malang / Dedi Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Irawan Dedi. 2017. Pengembangan Bahan ajar Majalah Pada Materi Perkembangan Masyarakat dan Teknologi Pra-aksara Kelas X Akutansi Di SMK Negeri 12 Malang Skripsi Jurusan Sejarah Program Studi S1 Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ari Sapto M.Hum. Kata kunci Bahan ajar Majalah Sejarah Indonesia SMK merupakan sekolah yang mencetak generasi muda untuk siap di dunia industri maupun perguruan tinggi. Penggunaan bahan ajar yang efektif akan membuat siswa SMK mampu menguasai bidang ilmu baik secara pengetahuan sikap dan keterampilan. Dari hasil observasi pada kelas X Akutansi di SMK Negeri 12 Malang terdapat beberapa masalah dalam bahan ajar yaitu (1) Bahan ajar yang digunakan kurang memadai (2) Minat belajar peserta didik kurang (3) Buku paket kurang menarik untuk di baca dan (4) Peserta didik masih kesulitan dalam memahami buku paket sejarah. Solusi untuk permasalahan adalah pengembangan bahan ajar majalah yang telah disesuaikan dengan kurikulum serta permasalahan-permasalahan yang ada pada kelas X Akutansi di SMK Negeri 12 Malang. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Sugiyono yang telah dimodifikasi. Adapun prosedurnya yaitu Menemukan potensi dan masalah mengumpulkan data mengembangkan desain dan materi validasi desain dan materi dari para ahli yaitu ahli media dan ahli materi revisi desain dan materi. Setelah itu tahap uji coba produk kepada kelompok kecil yang berjumlah 6 siswa dari kelas X Akutansi 3 yang telah memperoleh mata pelajaran perkembangan masyarakat dan teknologi pra-aksara revisi produk uji coba pemakaian produk untuk kelompok besar yang berjumlah 31 siswa pada kelas X Akutansi 4 revisi produk dan produk siap untuk diterapkan sebagai bahan ajar pada mata pelajaran sejarah Indonesia materi perkembangan masyarakat dan teknologi pra-aksara kelas X Akutansi di SMK Negeri 12 Malang. Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini adalah bahan ajar majalah sejarah pada materi perkembangan masyarakat dan teknologi pra-aksara semester I untuk kelas X Akutansi di SMK Negeri 12 Malang yang terdiri dari 2 bagian yaitu (1) Bahan ajar majalah sejarah untuk guru dan (2) Bahan ajar majalah sejarah untuk siswa. Hasil validasi bahan ajar dari ahli media sebesar 95 23% ahli materi I sebesar 92 70% dan ahli materi II 89 58%. Sedangkan hasil uji coba lapangan sebesar 94 05%. Berdasarkan validitas dari ahli media dan ahli materi bahwa bahan ajar secara keseluruhan dinyatakan valid dan memenuhi kriteria layak untuk diujicobakan. Sedangkan hasil uji coba kelompok besar menunjukkan bahwa bahan ajar ini layak digunakan pada kelas X Akutansi di SMK Negeri 12 Malang. ABSTRACK Irawan Dedi 2017. The Developmet of Teaching Material of Magazine on The Materials of Society and Technology Development of Pre Script Class 10th Accountancy of SMK Negeri 12 Malang. Advisor Dr. Ari Sapto M.Hum. Keyword Teaching material magazine the histhory of Indonesia SMK is the school who makes young peaple in order to become ready in the industrial affairs or entering university utilization of teaching material effectively would be making the students of SMK will be able to become a master in every single knowledges and being motivated and influence on the learning outcomes. And will be able to do in knowledges attitudes or skills. Based on observation result in the 10th grade accountancy in the SMK Negeri 12 Malang there are many problem on the teaching material. Such as (1) Useless teaching material method (2) less interest of students to learn (3) the books was not intevesting to read (4) and the students still difficult to knowing and understanding of the book of history. The solutions of this problems is by developing teaching material of magazine has been suited with curriculum on the problems in the 10th grade accountancy in the SMK Negeri 12 Malang. The development procedures that used is Sugiyono s developmend model has been modified. the procedures are to find out potential and problems collecting the data developing design and material design validation an and professional s material as media profesional and material professional design and material revision giving the sample of produck to the small group with 6 students from 10th grade 3rd accountancy have got subjects of technology development of society pre script producks revision produck usage trials for big group with 31 student in 10th grade 4th accountancy producks revising and products are ready for applying in the learning process of history knowledge of indonesia development material of technology in society pre-script 10th grade accountancy in the SMK Negeri 12 Malang. The result of product from this development is teaching material of magazine of history on the materials of technology development of society pre script of 1st hulf for 10th accoutancy class in the SMK Negeri 12 Malang which consistion of two parts (1) Teaching material of history books for teachers and (2) Teaching material of history books for students. The results of the validation of teaching materials from media experts of 95.23% a material I is 92.70% and 89.58% Second matter experts. While the results of field trials of 94.05%. Based on the validity of the media expert and expert materials that overall teaching materials declared has been valid and feasible to applied. Meanwhile the trial results of big group had shown that this teaching material has proper in the class 10th grade accountancy of SMK Negeri 12 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55229 |
Actions (login required)
View Item |