Pengaruh pemikiran dan aktivitas Buya Hamka terhadap masyarakat Indonesia 1925-1981 / Faris Veby Andry - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemikiran dan aktivitas Buya Hamka terhadap masyarakat Indonesia 1925-1981 / Faris Veby Andry

Andry, Faris Veby (2017) Pengaruh pemikiran dan aktivitas Buya Hamka terhadap masyarakat Indonesia 1925-1981 / Faris Veby Andry. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andry Faris Veby. 2017. PengaruhPemikiran dan AktivitasBuyaHAMKATerhadapMasyarakat Indonesia 1925-1981.Skripsi JurusanSejarah FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. PembimbingDr. Ari Sapto M.Hum. Kata Kunci Pemikiran Buya Hamka Aktivitas Masyarakat Indonesia. Penelitian ini dilakukan karena peranan dan pengaruh Buya HAMKA yang sangat besar dalam dunia pendidikan dan keagamaan di Indonesia. Cara pandang HAMKA yang horizontal dan sempat menjadi acuan ketika menjabat sebagai ketua MUI hingga karya sastra HAMKA yang mampu meresap ke nadi pemikiran masyarakat. Penelitianinimemilikitigarumusanmasalah yang akandibahasyaitu (1) BagaimanaPemikiranBuyaHAMKAMengenai Islam di Indonesia (2) BagaimanaAktivitasBuyaHAMKAUntukMewujudkanPemikirannya (3) BagaimanaPengaruh AktivitasBuyaHAMKATerhadapMasyarakat Indonesia1925-1981 Penulisdalampenelitianinimenggunakanmetodestudi pustaka.Tahapan dalam melakukan kajian kepustakaanyaitu (1) menyiapkanalatperlengkapan yang diperlukan (2) menyiapkanbibliografikerja (working bibliography) (3) mengorganisasikanwaktudan (4) kegiatanmenganalisis dan menulisbahanpenelitian. Berdasarkan hasilstudi pustakadiperolehtiga kesimpulansebagaiberikut (1) BuyaHAMKAmerupakansosok yang gigihdalammenyebarkan agama danberjuanguntukmembelanegaranya Indonesia. HAMKAmenggagaskembalinyaajaran Islam kepadaAlqur andanHadits.HAMKAmenekankanbahwasisa-sisakepercayaankunomasyarakat Indonesia sepertianimisme-dinamismesertamasihkentalnyaunsurHindu-Budhakhususnya di Jawasebaiknyadiluruskan agar sesuaidenganajarandanfitrahajaran agama Islam yang sesungguhnya (2) Pendidikan yang dijadikanHAMKAsebagaiujungtombakdalamdakwahIslam menurutnyadibagimenjadipendidikanjasmanidanrohani (3) BuyaHAMKAmembedakanmaknapendidikandanpengajaran. Menurutnya pendidikan Islam merupakanserangkaianupaya yang dilakukanpendidikuntukmembantumembentukwatak budi akhlak dankepribadianpesertadidik sehinggabisa membedakanmana yang baikdanmana yang buruk. PemikiranHAMKAdapat diajarkan pada tingkat pendidikan sekolah menengah atas untuk menambah wawasan dan membangun karakter siswa agar menjadi penerus bangsa yang berkompeten dan memiliki jiwa nasionalisme tinggi tanpa mengesampingkan toleransi antarumat beragama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55225

Actions (login required)

View Item View Item