Pengaruh media SI card terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran sejarah materi sejarah kerajaan Kanjuruhan dan Singhasari kelas X RPL 1 SMK Negeri 1 Kepanjen Malang / Fitriya Putri Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media SI card terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran sejarah materi sejarah kerajaan Kanjuruhan dan Singhasari kelas X RPL 1 SMK Negeri 1 Kepanjen Malang / Fitriya Putri Utami

Utami, Fitriya Putri (2017) Pengaruh media SI card terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran sejarah materi sejarah kerajaan Kanjuruhan dan Singhasari kelas X RPL 1 SMK Negeri 1 Kepanjen Malang / Fitriya Putri Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utami Fitriya Putri. 2017. Pengaruh Media SI Card terhadap Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Materi Sejarah Kerajaan Kanjuruhan dan Singhasari Kelas X RPL 1 SMK Negeri 1 Kepanjen. Skripsi Jurusan Sejarah Program Studi S1 Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Kasimanuddin Ismain M.Pd. Kata Kunci Media pembelajaran SI Card pemahaman siswa pembelajaran sejarah. Media pembelajaran sangat membantu guru dalam menyampaikan materi tujuan dan informasi. Media sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yang salah satunya adalah media visual dalam penggunaaannya media visual mempunyai manfaat dan fungsi. Manfaat media visual adalah menimbulkan semangat belajar sedangkan fungsinya terbagi atas kognitif dan kompensatoris dimana melalui gambar siswa mampu memahami dan mengingat isi materi yang disampaikan oleh guru. Salah satu media visual yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah SI Card. Berdasarkan fungsi kognitif dan kompensatoris media SI Card dapat membantu pemahaman siswa dalam pembelajaran sejarah. Pemahaman siswa dalam pembelajaran sejarah sangat diperlukan jika siswa paham dengan apa yang mereka pelajari maka mereka tidak akan kesulitan dalam mengingat informasi dan materi yang telah disampaikan. Oleh sebab itu perlu dilakukan pengukuran berkaitan dengan pengaruh media SI Card terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran sejarah. Terdapat dua rumusan masalah dalam penelitian ini Pertama bagaimana Penerapan Media SI Card di kelas X RPL 1 SMKN 1 Kepanjen. Kedua bagaimana pengaruh media SI Card terhadap pemahaman siswa materi sejarah Kerajaan Kanjuruhan dan Singhasari di kelas X RPL 1 SMK Negeri 1 Kepanjen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan jenis Pre-Experimental Design yaitu One Group Pretest Posttest. Sampel yang dipilih dengan cara puposive sampling berdasarkan saran guru sejarah SMK Negeri 1 Kepanjen dan nilai rata-rata kelas yaitu kelas X RPL 1. Kelas X RPL 1 memiliki nilai rata-rata yang cukup baik. Instrumen yang digunakan oleh peneliti berupa tes yaitu pre-test dan post-test. Analisis statistik menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut Pertama Penerapan media pembelajaran SI Card di kelas X RPL 1 berjalan dengan lancar dimana siswa mengikuti pembelajaran dengan baik dan tertib sesuai dengan langkah-langkah peraturan dalam SI Card. Permainan dalam media memberikan semangat yang positif kepada siswa untuk mengikuti proses pembelajaran sejarah materi sejarah Kerajaan Kanjuruhan dan Singhasari terlihat dari nilai rata-rata kelompok sudah di atas nilai KKM yaitu 81 7. Kedua terdapat pengaruh pemahaman siswa dalam pembelajaran sejarah materi sejarah kerajaan Kanjuruhan dan Singhasari sebelum menggunakan SI Card dan setelah menggunakan SI Card dilihat dari rata-rata hasil pre-test (57 16) dan post-test (90 68) serta hasil uji hipotesis menggunakan SPSS 2.0 for windows (kolomogorof-smirnof) H1 dapat diterima dibuktikan dengan Nilai thitung adalah 22.939 sedangkan ttabel adalah 2.021 dengan nilai signifikansi 0 00 0 05 yang artinya terdapat pengaruh pemahaman siswa pada pembelajaran sejarah materi sejarah Kerajaan Kanjuruhan dan Singhasari menggunakan media SI Card di kelas X RPL 1 SMK Negeri 1 Kepanjen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55224

Actions (login required)

View Item View Item