Persepsi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Malang terhadap pembelajaran Sejarah sebagai sarana dalam penanaman nilai-nilai pendidika karakter / Wita Asmara Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Malang terhadap pembelajaran Sejarah sebagai sarana dalam penanaman nilai-nilai pendidika karakter / Wita Asmara Dewi

Dewi, Wita Asmara (2017) Persepsi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Malang terhadap pembelajaran Sejarah sebagai sarana dalam penanaman nilai-nilai pendidika karakter / Wita Asmara Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi Wita Asmara. 2017. Persepsi Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Malang terhadap Pembelajaran Sejarah Sebagai Sarana dalam Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Hariyono M.Pd. Kata Kunci persepsi siswa kelas XI pembelajaran sejarah nilai pendidikan karakter Pendidikan karakter adalah pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik yang bertujuan agar peserta didik memiliki karakter yang baik dan sesuai dengan nilai moral yang berlaku. Di tingkat sekolah pendidikan karakter diterapkan dalam semua mata pelajaran termasuk mata pelajaran sejarah. Mata pelajaran sejarah merupakan mata pelajaran yang cukup penting untuk menerapkan pendidikan karakter dalam pembelajaran. Penerapan pendidikan karakter di SMA Muhammadiyah 1 Malang dilaksanakan lebih intensif setelah berlakunya Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan pembelajaran sejarah kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Malang (2) persepsi siswa kelas XI terhadap pembelajaran sejarah sebagai sarana dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter (3) faktor- faktor yang mempengaruhi persepsi siswa kelas XI terhadap pembelajaran sejarah sebagai sarana dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan berikut pengumpulan data reduksi data penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan pendidikan karakter di SMA Muhammadiyah 1 Malang sudah baik. SMA Muhammadiyah 1 Malang memiliki jadwal tersendiri terkait penerapan pendidikan karakter kepada siswanya. SMA Muhammadiyah 1 Malang menerapkan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran pada semua mata pelajaran termasuk mata pelajaran sejarah. Guru sudah menerapkan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah. Nilai-nilai karakter sudah ditanamkan kepada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Malang. (2) persepsi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Malang terhadap pembelajaran sejarah sebagai sarana dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter sudah baik meskipun pengetahuan siswa tentang pendidikan karakter belum luas. Siswa menganggap mata pelajaran sejarah adalah mata pelajaran yang penting untuk menumbuhkan semangat cinta tanah air. Penerapan pendidikan karakter oleh guru dalam pembelajaran sejarah sudah dilaksanakan dengan baik. Banyak nilai-nilai karakter yang sudah ditanamkan dalam kegiatan pembelajaran (3) terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi persepsi siswa terhadap pembelajaran sejarah sebagai sarana dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter (a) Sarana dan prasarana sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Malang sudah lengkap. Lengkapnya fasilitas sekolah dapat menunjang terlaksananya penerapan pendidikan karakter yang baik. Siswa sudah memanfaatkan sarana dan prasarana dengan baik ketika proses pembelajaran. Namun terdapat beberapa siswa yang belum maksimal memanfaatkan sarana dan prasarana di sekolah. (b) Minat belajar siswa terhadap pembelajaran sejarah berbeda satu sama lain. Terdapat minat siswa yang tinggi dalam pembelajaran sejarah namun terdapat juga siswa yang minat belajarnya rendah. (c) Cara mengajar guru sejarah SMA Muhammadiyah 1 Malang sudah baik. Materi yang disampaikan oleh guru sangat mudah dipahami dan dimengerti oleh siswa. Karakter guru merupakan hal yang sangat penting terkait penanaman pendidikan karakter dalam pembelajaran kepada siswa. Untuk saran dalam penelitian ini yaitu (1) kepada pihak SMA Muhammadiyah 1 Malang untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan penerapan pendidikan karakter di sekolah. (2) kepada guru sejarah SMA Muhammadiyah 1 Malang untuk memaksimalkan penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah. (3) kepada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Malang untuk terus meningkatkan minat belajar terhadap mata pelajaran sejarah dan menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari. (4) kepada peneliti lain yang ingin melakukan penelitian sejenis untuk melakukan penelitian tentang proses penilaian pendidikan karakter dalam mata pelajaran sejarah. ABSTRACT Dewi Wita Asmara 2017. Perception Of 11th Grade Student Of SMA Muhammadiyah 1 Malang On Historical Learning As Means Of Educational Character Values Cultivation. Thesis History Departement Social Science Faculty State University Of Malang. Advisor Prof. Dr. Hariyono M.Pd. Key words perception 11th grade student history learning values educational character Educational character is education that develops character values to student so they will have a good character and in accordance with applicable moral values. At the school level educational character is applied in all subjects including history subject. Historical subject is one of the important subject which apply educational character in learning. Implementation of educational character in Senior High School of Muhammadiyah 1 Malang was held more intensively after the enactment of 2013 Curriculum. This study aims to describe (1) the implementation of historical learning 11th grade of SMA Muhammadiyah 1 Malang (2) the perception of 11th student on historical learning as a means in the inculcation of educational character values (3) factors which influencing thenperception of 11th grade student to the historical learning as a means in the inculcation of educational character values. This research uses qualitative approach and the research type is descriptive qualitative. The subject of the research are the 11th grade of SMA Muhammadiyah 1 Malang. Those data are collected by observation interview and documentation. Data analysis are held by following steps data collection data reduction data presentation and verification. The results showed that (1) the application of educational character in SMA Muhammadiyah 1 Malang is good enough. This school has its own schedule related to the application of educational character to it student.Senior high school of Muhammadiyah 1 Malang apply 2013 Curriculum in learning on all subjects including history. Teachers have applied educational character in history learning. Character values have been implanted to 11th grade student of SMA Muhammadiyah 1 Malang. (2) the perception of 11th grade student of SMA Muhammadiyah 1 Malang toward the learning of history as a means of cultivating the values of educational character has been good although the student s knowledge about the educational character is not wide yet. Student s consider the subject of history is an important subject to foster the spirit of nationalism. The application of educational character by teachers in history learning has been well implemented. Many character values have been implanted in the learning activities (3) there are several factors that influence the student s perceptions of learning history as a means of planting the values of educational character (a) The facilities and infrastructure of school are complete. Those may support the implementation so it will well being. Student have used the facilities and infrastructure very well when the learning process goes on. However there are some student who have not maximally utilized the facilities and infrastructure in school. (B) Student s interest in historical learning are different among them. There are whom very interest in historical earning while some of them not. (C) Teaching method whom used by teacher of SMA Muhammadiyah 1 Malang is good. The material presented by the teacher is very easy to catch and understood by the student. Teacher s character is very important thing which related to the cultivation in learning and build an educational character to student. For suggestions in this study are (1) to the SMA Muhammadiyah 1 Malang to maintain and improve the application of educational character in school. (2) to the history teacher of SMA Muhammadiyah 1 Malang to maximize the application of the educational character in historical learning. (3) to 11th grade student of Muhammadiyah 1 Malang to continue and increase the interest in learning history and apply it values in everyday life. (4) to other researchers who want to conduct similar research to conduct research on educational character assessment process in history subject.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55219

Actions (login required)

View Item View Item