Negara, Imam Pranata Adi (2017) Pengembangan media pembelajaran BuPop Ah (Buku Pop Up Up Sejarah) pada materi revolusi Prancis berbasis nilai pendidikan karakter cinta damai untuk peserta didik kelas XI di SMAN 1 Batu / Imam Pranata Adi Negara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Negara Imam Pranata Adi. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Bupop Ah (Buku pop up sejarah) pada Materi Revolusi Prancis berbasis Pendidikan Karakter Cinta Damai untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mashuri M.Hum. Kata Kunci media pembelajaran Bupop Ah revolusi Prancis. Matapelajaran sejarah begitu penting untuk diajarkan kepada seluruh peserta didik mulai tingkat dasar hingga tingkat atas. Matapelajaran sejarah memiliki nilai strategis dalam pembentukan watak dan karakter bangsa yang bermartabat serta dalam pembentukan manusia Indonesia yang memiliki rasa kebanggaaan dan cinta tanah air. Namun pentingnya Matapelajaran sejarah sejarah ini kurang didukung dengan baiknya pembelajaran di sekolah karena terdapat permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran. Di SMAN 1 Batu permasalahan yang didapati dari wawancara dan observasi berupa kurangnya media pembelajaran yang digunakan sehingga minat pembelajaran sejarah peserta didik kurang kurangnya pendidikan karakter dalam pembelajaran dan peserta didik hanya menggunakan buku paket yang jumlahnya tidak seberapa. Adapun tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran Bupop Ah (Buku pop-up Sejarah) pada materi Revolusi Prancis berbasis nilai pendidikan karakter cinta damai untuk perserta didik kelas XI SMA. Selain itu juga mengetahui ekfektifitas produk pengembangan media pembelajaran Bupop Ah (Buku pop-up Sejarah) pada materi Revolusi Prancis berbasis nilai pendidikan karakter cinta damai untuk perserta didik kelas XI SMA. Pengembangan media pembelajaran mengikuti tahapan penelitian yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono (2010) yaitu meliputi (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk dan (10) produksi akhir. Sebelum di uji cobakan ke lapangan produk terlebih dahulu divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil Produk Pengembangan sendiri dinamai Bupop Ah. Bupop Ah merupakan singkatan dari buku pop up sejarah. Bupop Ah sendiri merupakan buku dengan karakteristik tiga dimensi (3D). Buku berbasis pop up ini berisi materi revolusi Prancis dengan basis pendidikan karakter cinta damai yang telah sesuaikan dengan karakteristik siswa kelas XI. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh skor 76 dengan persentase 95%. Hasil validasi dari ahli media juga memperoleh skor 67 dengan persentase 93%. Hasil uji coba produk di lapangan pada uji coba kelompok kecil memperoleh skor 374 dengan persentase 93.5% kemudian pada uji coba kelompok besar memperoleh skor 1245 dengan persentase 94.5%. Hasil pre-test memperoleh rata-rata 35.1 dan hasil post-test memperoleh rata-rata 76.3. Berkaitan dengan hasil belajar tersebut maka media pembelajaran Bupop Ah dapat dikatakan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55216 |
Actions (login required)
View Item |