Zumroni, Khamid Faujan (2017) Penggunaan media powtoon dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Slahung Ponorogo / Khamid Faujan Zumroni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Zumroni Khamid Faujan. 2017. Penggunaan Media PowToon dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Slahung Ponorogo. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mashuri M.Hum. Kata Kunci media PowToon pembelajaran sejarah hasil belajar. Manfaat penggunaan media pembelajaran salah satunya adalah meningkatkan hasil belajar. Namun banyak guru yang kurang memaksimalkan fasilitas dan media yang ada dalam proses pembelajaran dalam kelas. Seperti yang terjadi pada kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Slahung Ponorogo. Berdasarkan data dari buku nilai siswa menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas X IPS 1 hasil Ujian Tengah Semester (UTS) pada matapelajaran sejarah tergolong rendah terdapat 16 siswa tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan hanya 6 siswa yang nilainya memenuhi KKM. Siswa kelas X IPS 1 terdiri dari 15 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. KKM yang diterapkan di SMA Negeri 1 Slahung adalah 8805 75. Hasil belajar rendah diakibatkan karena kurangnya guru memaksimalkan fasilitas dan media yang ada dalam proses pembelajaran dalam kelas. Guru jarang menggunakan media pembelajaran. Kalaupun menggunakan media pembelajaran yang digunakan hanyalah media PowerPoint. Media pembelajaran yang inovatif sangatlah banyak salah satunya adalah media PowToon. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui penggunaan media PowToon dalam pembelajaran sejarah kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Slahung Ponorogo (2) mengetahui hasil belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Slahung Ponorogo dalam menggunakan media PowToon. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan McTaggart. Model ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Alat pendukung yang digunakan berupa LCD laptop dan speaker. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X IPS 1 yang berjumlah 22 siswa. Data yang diperlukan adalah data dari kegiatan pembelajaran menggunakan media PowToon dan data hasil belajar siswa dengan melihat daftar nilai siswa di setiap siklus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi wawancara tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan media PowToon di kelas X IPS 1 membuat siswa tertarik untuk mengikuti pembelajaran sehingga memperlancar jalannya proses pembelajaran. PowToon merupakan media yang dapat diamati oleh siswa sehingga dapat meningkatkan daya konsentrasi siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Analisis hasil belajar kelas X IPS 1 menujukkan peningkatan dari pra-penelitian sebesar 27 27% di siklus I meningkat menjadi 68 18% dan di siklus II meningkat menjadi 81 81%. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah dengan menggunakan media PowToon dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Slahung Ponorogo. Dengan demikian peneliti menyarankan kepada guru untuk memanfaatkan media PowToon dalam pembelajaran sejarah. ABSTRACT Zumroni Khamid Faujan. 2017. The Use of PowToon Media in History Learning to Improve Student Learning Outcome in the 10th Grade of Social Science 1 SMA Negeri 1 Slahung Ponorogo. Thesis Department of History Faculty of Social Science State University of Malang. Supervisor (I) Drs. Mashuri M.Hum. Keywords PowToon media history learning learning outcome One of benefit in using learning media is to improve learning outcome. However many teachers lack in maximizing facility and media of learning process at class. Such what was occurred in the 10th Grade of Social Science 1 SMA Negeri (Public Senior High School) 1 Slahung Ponorogo. Based on data from student s scoring book it was found that most of students in the 10th Grade of Social Science 1 obtained Semester Middle Test score which included into low category towards History Subject in which 16 students were unable to pass Minimum Completeness Criteria (KKM-Kriteria Ketuntasan Minimal) and only 6 students who able to pass Minimum Completeness Criteria. Student in the 10th Grade of Social Science 1 consists of 15 female students and 7 male students. Minimum Completeness Criteria which established in SMA Negeri 1 Slahung is 8805 75. This low learning outcome might be caused by teachers that lack in maximizing facility and media during the learning process at class. Teachers infrequently use learning media. If the teachers use learning media then it is merely PowerPoint media. There are many innovative learning media such as PowToon media. The objectives in this research as follow (1) knowing the use of PowToon media in History Learning in the 10th Grade of Social Science 1 SMA Negeri 1 Slahung Ponorogo (2) knowing student learning outcome in the 10th Grade of Social Science 1 SMA Negeri 1 Slahung Ponorogo in using PowToon media. The research approach was Classroom Action Research with Kemmis and McTaggart model. The model consists of four stages planning implementation observation and reflection. Supporting tools towards the media were LCD laptop and speaker. The research subject was students in the 10th Grade of Social Science 1 for 22 students. Data that necessary in this research was data from learning activity using PowToon media and data from student learning outcome in which it could be obtained by seeing student s score list in each cycle. Data collection in this research used observation interview test and documentation method. The research result showed that (1) the use of PowToon media in the 10th Grade of Social Science 1 made the students had more interests in following the learning thus it could ease the learning process. PowToon media is media which can be observed by students thus it can improve student concentration and improve student learning outcome. (2) Learning outcome analysis in the 10th Grade of Social Science 1 showed the improvement from pre-research of 27.27% cycle I of 68.18% and cycle II was 81.81%. Based on the research result it could be concluded that History Learning by using PowToon media could improve student learning outcome in the 10th Grade of Social Science 1 SMA Negeri 1 Slahung Ponorogo. Therefore the researcher suggested to the teachers to use PowToon media in History Learning.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55215 |
Actions (login required)
View Item |